HOAX: Video Presiden Jokowi Goyang Sambil Angkat 2 Jari

  • Whatsapp

Kupang – Beredar video viral pada akun tiktok @jasep871 yang menampilkan video seseorang yang diduga adalah Presiden Jokowi joget dengan mengangkat 2 jari.

Pada bagian tubuh video narasi yang ditampilkan yaitu “astagfirullah Bawaslu tolong ditindak ini pelangaran, presiden ikutan joget gemoy sambil bikin 2 jari ini jelas2 menyusak demokrasi kami muak tidakkk, turunkan”. Sementara itu pada caption untuk video tersebut ditulis “tolong ditindak “.

Video yang beredar pada akun tiktok @Jasep781 itu sampai pada Jumat, 16 februari 2024 memperoleh 26,6 ribu suka, dikomentari sebanyak 8,314, jumlah yang ditambahkan ke favorit sebanyak 976 ribu dan jumlah yang membagikan sebanyak 371 ribu.

Lintasntt.com juga menemukan bahwa video yang sama juga diposting oleh akun Youtube @FADELINHO dengan 7,78 ribu followers dan diposting pada tanggal 10 Februari.

Pada video ini juga narasi yang ditampilkan yaitu “Halo Bawaslu, Halo KPU ini kok dibolehin?”. Video yang beredar di sosmed ini menduga bahwa seseorang itu adalah Presiden Jokowi karena pakaian yang dikenakan juga merupakan pakaian yang menjadi ciri khas Jokowi yaitu Kemeja Putih dengan Celana Panjang berwarna Hitam.

Miharja Adiwinata/dari tribun

Sementara itu Lintasntt menelusuri video yang viral di media sosial sama dengan video yang diposting pada akun tiktok @TribunJateng bahwa ada sosok Pria Mirip Jokowi Ikut Kampanye.

Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh tim lintasntt.com pria tersebut adalah Miharja Adiwinata, yang sering tampil di acara Presiden Jokowi karena parasnya yang mirip dengan Presiden Jokowi, dan itu ketika Miharja hadir di Gedung GBK Jakarta pada Minggu 11 Februari 2024 saat calon Presiden dan Wapres nomor urut 02 mengadakan Kampanye Akbar.

Kesimpulannya : Video viral yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi Goyang 2 Jari tersebut adalah Hoax. Karena yang sebenarnya Pria itu adalah Miharja Adiwinata yang sering berpenamilan seperti Presiden Jokowi. (*/tari)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.