HMI Cabang Kupang Komisariat FISIP Undana Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

Kupang- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang Komisariat FISIP Universitas Nusa Cendana (Undana), menggelar pelatihan jurnalistik selama tiga hari mulai 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Pelatihan digelar di Graha Insan Cita Flobamorata (GICF), Jalan Bunda Hati Kudus, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Read More

Tema kegiatan ini adalah ‘Meningkatkan dan Mengembangkan Potensi Kader dalam Menganalisis Fakta, Menulis Judul, Seni Menulis, dan Fotografi’ diikuti kader HMI dari enam komisariat yakni Komisariat Fisip Undana 4 orang, Kipma Undana 2 orang, Hukum Undana 2 orang, Widyatama 2 orang dan Ippertatek 2 orang.

“Pemilihan tema didasarkan pandangan bagaimana seorang jurnalis bekerja mulai dari mendengarkan, menulis, menganalisa fakta dan satu hal yang paling penting adalah bagaimana muncul kepekaan kita terhadap feeling news atau berita-berita yang dekat dengan kehidupan kita kemudian bagaimana mampu menjadi kader-kader yang memliki kemampuan menuangkan ide lewat tulisan sebagai perpanjangan suara rakyat,” Kata Ketua Panitia, Ade Putra, Jumat (30/9/2022).

Pada pelatihan ini, Para peserta dari tiap Komisariat yang ada dalam lingkup HMI Cabang Kupang dibekali Pengetahuan Serta keterampilan bidang Jurnalistik oleh berbagai narasumber dari para dosen, senior HMI , Kominfo, Pos Kupang, ZonalineNews, dan TVRI.

“Berkaitan dengan para narasumber kami dengan semangat membangun koneksi dengan orang -orang hebat tersebut. Karena dengan koneksi tersebut orang-orang hebat yang diundang sebagai narasumber dapat memberikan nilai lebih dalam dunia jurnalistik. Baik dalam bentuk pengalaman maupun penyajian pandangan dari basic teori yang dibangun. Orang-orang hebat yang diundang untuk menjadi narasumber adalah orang-orang yang dipercaya memiliki kualitas yang luar biasa dari segi intelektual dalam menuangkan pandangan ide dan gagasan dalam pelatihan jurnalistik ini. Kehadiran mereka dapat memberikan aroma baru. Karena ada pemahaman yang disampaikan kepada penikmat berita tentang bagaimana sebenarnya dunia jurnalistik itu,” tambah Sabri Hidayatullah, Ketua Umum HMI Cabang Kupang Komisariat FISIP Undana.

Pelatihan Jurnalistik ini menjadi sebuah wadah menuju dunia kejurnalistikan. Hal ini ditanggapi Ibnu Tokan selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang.

“Pelatihan Ini sangat penting, semua orang mempunyai pengetahuan intelektual tetapi tidak semua orang mampu menuangkan itu dalam tulisan. Melalui pelatihan ini kader-kader dibentuk agar bisa menuangkan gagasan-gagasannya lewat tulisan. Dengan pelatihan ini juga tidak semata untuk di dengar kemudian disimpan tapi bagaimana dari apa yang didapatkan dalam pelatihan ini mampu diaplikasikan, dalam hal ini penuangan ide-ide dalam tulisan,” tutur Ibnu Tokan.

“ Orang-orang dapat dikenal dengan warisan tulisan-tulisannya . Hari ini kita menulis opini, dan buku walaupun jasad kita sudah tidak ada lagi tapi karya-karya itu akan nyata . Saat ini Zaman sudah berkembang sangat pesat , dan kalau kita sekedar hanya menjadi manusia yang instan , siap menerima apa yang sudah ada lalu kita mengadopsinya maka kita akan tetap menjadi penonton . Maka dengan pelatihan jurnalistik ini membekali kader-kader HMI untuk berproses menuangkan ataupun menyajikan gagasan-gagasan cemerlangnya lewat tulisan,” tutup Ibnu Tokan (Nita)

 

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.