Harga Cabai di Pasar Kasih Berangsur Turun

  • Whatsapp
Penjual Cabai di Pasar Kasih, Naikoten 1 Kupang/Foto: Gamaliel

Kupang–Harga di Pasar Kasih, Kelurahan Naikoten 1, Kota Kupang turun lagi dari harga Rp50 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp40 ribu per kg, Jumat (17/2).

“Pasokan cabai sudah kembali lancar karena armada pelayaran telah kembali beroperasi,” kata Yulius Taek, pedagang cabai di pasar setempat.

Read More

Selama ini pasokan cabai dari sentra produksi seperti di Pulau Rote menggunakan perahu motor. Cuaca buruk yang melanda daerah itu selama dua pekan lalu mengakibatkan pelayaran lumpuh yang berdampak terhadap pasokan hasil bumi ke pasar.

Baca Juga :  Harga Cabai di Pasar 'Kasih' Rp100.000/Kilogram

Yulius menuturkan pasokan cabai dari petani di sejumlah wilayah di Pulau Timor juga sudah kembali lancar karena tidak terjadi lagi banjir di sungai. “Banjir dan gelombang tinggi berdampak terhadap transportasi hasil pertanian ke pasar. Jika terjadi hambatan, akan memicu harga sembako naik termasuk cabai,” katanya.

Di musim hujan seperti saat ini, pasokan bahan kebutuhan pokok dari petani ke pasar sering terhambat. Kondisi seperti itu akan memicu harga naik lagi. Namun, jika terjadi lagi penaikan harga cabai, ia memastikan hanya berkisar antara Rp40 ribu-Rp50 ribu per kg.

Selain itu harga bawang merah juga terus turun. Sesuai pantauan di pasar Kasih, harga bawang merah sudah turun sampai Rp35 ribu per kg untuk bawang ukuran kecil dari harga Rp40 ribu per kg. Adapun bawang merah ukuran besar dijual sebesar Rp40 ribu per kg atau turun sebesar Rp10 ribu per kg dari harga Rp50 ribu per kg.

Baca Juga :  Telkomsel Hadirkan Kolaborasi Lintas Industri di Gelaran IIMS 2019

Kecuali harga wortel masih bertahan tinggi yakni Rp25 ribu per kg. Harga wortel naik sejak awal pekan ini dari harga Rp15 ribu per kg. (gma/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *