Gunung Hobalt di Lembata Meletus

  • Whatsapp

KUPANG–LINTASNTT.COM: Aktivitas gunung-gunung di Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat menyusul erupsi Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, yang masih berstatus siaga III dan potensi erupsi susulan masih tinggi.

“Berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi M Hendrasto dan mantan Kepala PVMBG Surono hingga saat ini ada dua gunung api di sekitar NTT yang mengalami peningkatan aktivitas, yaitu Gunungapi Hobalt dan Gunungapi Ili Werung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (20/8).

Sutopo mengatakan, berdasarkan informasi dari PVMBG Badan Geologi, Kementerian Enegi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gunung Api Hobalt, yaitu gunung api bawah laut di di Kecamatan Atedai, Kabupaten Lembata, meletus pada pukul 07.13 Wita.

Baca Juga :  Merpati Cetak Pilot dari MPS di Surabaya

Tinggi asap letusan sekitar 1.000 hingga 2.000 meter dari permukaan laut dan berlangsung selama dua menit. Secara visual air laut di sekitar Gunung Hobalt memperlihatkan gelembung dan berwarna kekuningan dengan status gunung masih waspada atau level II.

Sedangkan Gunung Ili Werung, kata Sutopo, sejak Senin (19/8) pukul 16.00 hingga 17.41 gempa vulkanik dangkalnya meningkat signifikan dengan 81 kejadian dalam waktu 1,5 jam dan masih berlangsung sampai saat ini. “Maka status Gunung Ili Werung ditingkatkan dari normal ke waspada terhitung sejak Senin (19/8) pukul 19.00 Wita,” ujarnya. Sutopo mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Hobalt dan Ili Werung untuk selalu waspada terkait ancaman gunung api tersebut, namun belum perlu mengungsi. (Sumber: Metrotvnews.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *