Gubernur NTT: Indonesia Bukan Milik Satu Kelompok

  • Whatsapp
Apel dan Doa Bersama untuk Keutuhan NKRI/Foto: Gamaliel

Kupang–Gubernur Frans Lebu Raya mengatakan pejuang dari Nusa Tenggara Timur (NTT) juga terlibat dalam perjuangan memerdekakan Indonesia.

“Harus dipahami semuanya bahwa Indonesia indonesia merdeka berkat kerjsama dan perjuangan yang dilakukan oleh semua anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, dari Sangihe Talaud sampai Rote,” kata Frans ketika berorasi di Apel dan Doa Bersama untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang digelar di alun-alun rumah jabatan gubernur, Rabu (30/11).

Read More

Karena itu, tidak boleh ada satu kelompok mengklaim Indonesia sebagai mliknya sendiri. “Bangsa ini milik bersama, diproklamirkan untuk semua, tidak untuk satu kelompok atau satu orang,” tandasnya.

Baca Juga :  Mendagri Yakin Partai Politik Usung Caleg Bersih

Doa bersama bertajuk ‘Nusantara Bersatu’ digagas Komando Resor Militer 161/Wira Sakti Kupang bersama pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bertujuan meneguhkan kembali Indonesia Bersatu.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 3.000 orang diawali dengan orasi kebangsaan oleh Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Merry Kolimon, Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Hasyim Muzadi, dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Frans mengatakan NTT memiliki tanggungjawab besar menjaga dan mengawal Pancasila sebagai ideologi negara. “Pancasila lahir di Kota Ende, NTT itu sejarah bukan klaim,” ujarnya.

Menurutnya tantangan yang dihadapi saat ini semakin mendewaskan Bangsa Indonesia untuk menjaga kebersamaan dan keutuhan NKRI. “Sebuah keluarga kecil saja selalu ada tantangan, apalagi sebuah keluarga bangsa,” ujarnya.

Baca Juga :  Nelayan Lembata Dilarang Dekati Gunung Hobalt

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan seruan bersama oleh lima pemimpin agama di Kota Kupang bersama untuk menjaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, serta pementasan tarian adat. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *