GP Australia, Pebalap Rio Haryanto Start Paling Belakang

  • Whatsapp
Rio Haryanto/Foto: mbtech.info

Melbourne–Lewis Hamilton start dari urutan terdepan untuk balapan di Australia. Sementara itu, akibat kena penalti, Rio Haryanto start paling belakang atau urutan 22.

Lewis Hamilton menorehkan catatan waktu 1:23,837 detik pada saat Q3. Ia unggul atas rekan satu timnya, Nico Rosberg, yang menorehkan catatan waktu 1:24,197 detik.

Read More

Posisi tiga besar kemudian dilengkapi oleh Sebastian Vettel yang menorehkan catatan waktu 1:24,675 detik. Kimi Raikkonen dan Max Verstappen berada di posisi keempat dan kelima.

Pada Q3, ada delapan pebalap tersisa yang sukses melewati Q1 dan Q2. Kedelapan pebalap itu adalah Hamilton, Rosberg, Vettel, Raikkonen, Verstappen, Carlos Sainz Jr., Daniel Ricciardo, dan Felipe Massa.

Baca Juga :  Dovizioso Raih 'Pole Position', Rossi dari Urutan 8

Aturan baru kualifikasi menyatakan bahwa Q3 berlangsung selama 14 menit, di mana dimulai dari menit kelima, satu pebalap dengan catatan waktu paling lambat akan terliminasi. Setelah eliminasi pertama, tiap 90 detik, satu pebalap dengan catatan waktu paling lambat lainnya akan tereliminasi.

Hamilton dan Rosberg berhasil melewati tahap-tahap eliminasi tersebut hingga akhirnya menjadi dua pebalap terdepan. Sementara itu, Vettel memilih untuk masuk pit ketika Hamilton masih berada di lintasan.

Sebelumnya, di Q2, Kevin Magnussen, Jolyon Palmer, Jenson Button, Fernando Alonso, Valtteri Bottas, Nico Hulkenberg, dan Sergio Perez menjadi pebalap-pebalap yang tereliminasi.

Peraturan di Q2 juga mirip dengan Q3, di mana eliminasi dilakukan pada menit keenam, dan setelahnya eliminasi dilakukan tiap 90 detik. Ada 7 pebalap tereliminasi di Q2.

Baca Juga :  Ronaldo Dibujuk Kembali ke MU

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, tereliminasi di Q1 setelah menempati urutan ke-21 dengan catatan waktu 1:29,627 detik. Ia unggul atas rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, yang menorehkan catatan waktu 1:29,642 detik.

Namun, akibat insiden dengan Grosjean di free practice III, Rio terkena hukuman mundur 3 grid. Ini menyebabkannya start dari urutan ke-22 alias paling belakang. (detik.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *