Gereja Berusia Sekitar 1.300 Tahun Ditemukan Dekat Gunung Tabor, Israel

  • Whatsapp
Gunung Tabor/dari laman dw.com

Israel – Sebuah gereja kuno berusia sekitar 1.300 tahun ditemukan dekat Gunung Tabor (588 meter), tepatnya di Desa Kfar Kama antara Nazareth dan Laut Galilea, Israel Utara.

Dikutip dari dw.com, Kamis, 30 Juli 2020, awalnya warga bermaksud membuat taman bermain untuk anak-anak. Namun, mereka dikejutkan dengan temuan fondasi gereja tersebut.

Para arkeolog pun melakuan penggalian dan menemukan gereja itu berukuran 12×36 meter. Bagian tengah dan lorong ditutupi dengan mosaik berwarna-warni dan pola bunga merah, biru dan hitam. Di sebelah gereja juga ditemukan fondasi

Gunung Tabor

Dalam Alkibat, gunung Tabor adalah situs Transfigurasi Kristus. Gereja dan biara Fransiskan yang berada di puncaknya menjadi tujuan populer bagi para peziarah dan wisatawan Ortodoks Yunani di daerah Israel utara.

Baca Juga :  Telkomsel Terus Kembangkan Inovasi Teknologi 5G di Indonesia

Sejarah Tabor juga banyak diwarnai oleh pertarungan dan penaklukan dan dapat dirunut balik hingga ke milenium kedua sebelum masehi. Dalam kitab Perjanjian Lama, gunung ini disebutkan sebagai tempat beribadah.

Dalam tradisi Alkitab, Gunung Tabor sering disebut sebagai gunungnya dunia: tabbur dalam bahasa Ibrani berarti “pusar (dunia)”. Selain gunung, banyak benteng dari Abad Pertengahan juga disebut Tabor, seringnya berupa lokasi gereja yang dikelilingi benteng.

Nama Tabor akhirnya sampai juga ke Eropa. Pada 1217, kota Montabaur di negara bagian Rheinland-Pfalz di Jerman. Selain itu, ada juga Mont Thabor di Pegunungan Alpen di Prancis. (sumber: dw/viva)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *