Genjot Pertumbuhan UMKM, Bank NTT Gelontorkan Hampir Rp1 Miliar di Maumere

  • Whatsapp
Penyerahan Tabungan Simpel kepada siswa/Foto: Humas Bank NTT

Maumere – Bank NTT terus menggejot pertumbuhan ekonomi khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Per 9 April 2022, total anggaran yang telah disalurkan Bank NTT lewat Kredit Merdeka Mikro di daerah telah mencapai Rp924.400.000 atau hampir satu miliar rupiah.

Read More


Adapun skim kredit ini merupakan sebuah terobosan luar biasa dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat demi membangkitkan semangat dan harapan agar perekonomian masyarakat NTT menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, skim kredit ini dihadirkan semata-mata demi membebaskan masyarakat dari belenggu rentenir sehingga bersama-sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank NTT mendesain skema pembiayaan tersebut.

Baca Juga :  Gerak Cepat BPJN NTT Benahi Jalan Ende-Detusoko Diapresiasi Warga

Adapun kelebihan skim kredit ini yakni memerdekakan masyarakat dari rentenir, bunga dan agunan. Jenis kredit ini pun didesain untuk memudahkan para pelaku ekonomi mikro, dalam memperoleh permodalan dengan cara yang mudah, murah dan cepat.

Pada Sabtu, 9 April 2022 petang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyaksikan penyerahan kredit kepada lima orang warga Desa Aibura Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka. Moment ini berlangsung di lokasi sanggar budaya Lero Sadang Wolon Mudung, Desa Aibura.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mendampingi Forkopimda Kabupaten Sikka, saat penyerahan baik itu kredit Mikro Merdeka maupun Tabungan Simpel.

Hingga saat ini, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka secara konsolidasi pada 23 kantor cabang Bank NTT sebesar Rp14.091.012.500, dengan total warga yang mendapat layanan kredit ini sebanyak 2.566 orang yang tersebar di seluruh NTT. Hingga kini, usaha mereka maju dan berkembang. Adapun nilai kredit setiap debitur adalah Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Baca Juga :  Tarif Angkot di Kota Kupang Bakal Naik Sekitar 17%

Masih pada kesempatan yang sama, diserahkan juga tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Bank NTT yaitu tabungan yang didesain khusus untuk kalangan pelajar, kepada 10 orang pelajar yang berasal dari tempat yang sama.

Untuk diketahui bahwa tabungan pelajar Simpel dicetuskan oleh pemerintah dengan memberikan banyak manfaat. Salah satunya memberikan pengalaman kepada pelajar untuk membangun budaya gemar menabung serta melatih mereka mengelola keuangannya sejak dini. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *