Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Sumba Barat Daya

  • Whatsapp
BMKG

Kupang – Gempa tektonik magnitudo 4,9 terjadi di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Minggu (9/8) pukul 00.32 Wita beberapa jam setelah rentetan tiga kali gempa pada Sabtu (8/8) malam.

Sesuai BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 9.85 LS dan 119.00 BT, terjadi di laut, 28 kilometer tenggara Kodi pada kedalaman 10 kilometer, tidak berpotensi tsunami.

Read More

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Waingapu dan Bima II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Belum ada kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Baca Juga :  ODP Korona 92 Orang, Dokter Teda Littik Minta NTT Tutup Penerbangan

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan menyebutkan gempa tersebut masih merupakan rangkaian gempa susulan yang terjadi 5 Agustus 2020. Sampai pukul 00.41, sudah terjadi 179 kejadian gempa susulan, 6 gempa di antaranya dirasakan.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi kerak benua di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). (rilis bmkg)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *