Gempa Dangkal 4,6 SR Guncang Malaka

  • Whatsapp
Ilustrasi

Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur digundang gempa berkekuatan 4,6 Skala Ritcher (SR) pada Selasa (19/9/2017) pukul 06.21 Wita. Belum ada laporan kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang Hasanuddin mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 9.76 Lintang Selatan dan 124.78 Bujur Timur pada kedalaman 13 kilometer. Dari kedalaman hiposenternya, tergolong gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Read More

Sesuai peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan dampak gempabumi berupa guncangan lemah di rasakan di daerah Malaka dan Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI).

Baca Juga :  Pelanggan PDAM Kota Kupang Meningkat Drastis

“Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang,” ujarnya.

Menurut Hasanuddin, sejauh ini belum ada laporan terjadi gempa susulan. Namun warga diimbau tetap tenang dan mengikuti arahan dari Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir Malaka dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. (gma/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *