Gedung Kantor Gubernur NTT Retak akibat Gempa

  • Whatsapp
Lokasi Gempa 6,2 SR. Foto: BMKG

 

Kupang–Gedung kantor gubernur Nusa Tenggara Timur mengalami retak akibat gempa 6,2 SR yang mengguncang Kupang, Selasa (28/8) pukul 15.08 Wita.

Sesuai laporan BMKG, lokasi gempa 10.96 LS dan 123,16 BT sekitar 111 kilometer tenggara Kabupaten Kupang, dengan kedalaman 10 kilometer dengan skala intensistas II SIG-BMKG (II-III MMI). Gempa tidak menimbulkan tsunami.

“Ada retak di lantai 3. Kami merasakan goyangan besar dan lari menyelamatkan diri ke lantai bawah,” kata Kepala Biro Tatapem Setda NTT Viktor Manek kepada wartawan.

Menurutnya keretakan terjadi di dinding gedung di tiga titik. Seluruh pegawai di kantor tersebut lari menyelamatkan diri.

Begitu juga di pusat-pusat pembelanjaan, karyawan dan pengunjung juga lari menyelamatkan diri. Pada pukul 15.13 Wita terjadi gempa susulan berkekuatan 5,8 SR berlokasi di 10.99 LS dan 124,09 BT, sekitar 105 kilometer tenggara Kupang. Gempa juga dirasakan di Pulau Rote, Kabupaten Kupang, dan Timor Tengah Selatan.

Baca Juga :  205 Sampel Swab dari 12 Kabupaten di NTT Masih Diperiksa

Sesuai laporan BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik di outer-rise. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Timor ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust Fault). ( sumber:mi/palce amalo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *