Foto Komodo Hadang Truk Viral, Pulau Rinca Akhirnya Ditutup

  • Whatsapp
Gerbang Loh Buaya, Pulau Rinca. Foto: Lintasntt.com

Kupang – Sebuah foto komodo yang sedang menghadang truk di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur ramai beredar di media sosial.

Karenanya, pengelola setempat memutuskan menutup Pulau Rinca dalam rangka pembangunan sarana di tempat tersebut.

Read More

Breaking news! Sejak viralnya foto Komodo vs Truck Proyek, Kepala BTNK keluarkan surat penutupan Pulau Rinca. Kami dapat kesaksian bahwa semua orang di lokasi dilarang ambil/kirim foto keluar. Surat ditetapkan kemarin (Minggu), mulai berlaku hari ini 26 Okt-Juni 2021. #SaveKomodoNow,” cicit akun Twitter @KawanBaikKomodo, Senin (26/10).

Baca Juga :  67 Ton Solar Tumpah di Perairan Manggarai Barat

Dalam unggahan akun tersebut terlihat surat dari Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) perihal penutupan sementara resort Resort Loh Buaya di Pulau Rinca.

Pertimbangan itu atas putusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menutup resort dari kunjungan wisatawan. Selain menutup resort tersebut, proyek Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Pulau Rinca juga ditutup.

“Menutup sementara Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021 dan akan dievaluasi setiap dua minggu sekali,” tulis surat yang ditandatangani Kepala BTNK Lukita Awang Nistyantara.

Dalam surat tersebut, juga ditulis bahwa dalam pembangunan sarana prasarana wisata alam di Resort Loh Buaya (dermaga, pusat informasi wisatawan, jalan jerambah, dan penginapan ranger serta naturalist guide) mengutamakan keselamatan satwa komodo.

Baca Juga :  Proyek Jurrasic Park di Pulau Rinca untuk Lindungi Pengunjung dari Komodo

Lukita menyebut, setidaknya terdapat 15 individu komodo yang sering terlihat di sekitar lokasi dari total 60 individu komodo yang hidup di lembah Loh Buaya di Pulau Rinca. Pelaksanaan pembangunan sarana wisata alam serta aktivitas ekowisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, kata Lukiya, memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid-19.

“Penutupan sementara ini akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan perkembangan pembangunan sarpras wisata alam di Resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca,” pungkas Lukita. (sumber media indonesia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *