Festival Desa Binaan Bank NTT Dorong Desa Kembangkan Komoditi Unggulan

  • Whatsapp
Ilustrasi: Memetik Buncis di Kebun di Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang belum lama ini. Foto: Lintasntt.com/ Gamaliel

Kupang – Kepala Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan, festival desa binaan yang dijalankan Bank NTT sangat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

Karena dengan festival tersebut, masing-masing desa menemukan dan akan mengembangkan potensi unggulan yang dimiliknya, yang sekaligus mengembangkan aktivitas ekonomi masyarakat dan tercipta lapangan kerja.

Read More


Dengan adanya komoditi unggulan, diharapkan menggerakan perekonomian desa serta meminimalkan kesenjangan pertumbuhan antara satu desa dengan desa lainnya.

Baca Juga :  Fahri Hamzah Batal Datang ke NTT

“Dengan begitu, kita kaya akan komoditi-komoditi unggulan, dijual antardaerah atau antarprovinsi. Ini sangat penting sehingga saya mendukung program festival desa binaan Bank NTT ini,” katanya kepada wartawan di kegiatan Kick Off Program UMKM Bangkit Optimis. di Sentra UMKM Apasa, Jalan Frans Seda, Kota Kupang, Jumat (1/4/2022).

Menurutnya, Bank Indonesia juga berpartisipasi dalam kegiatan Festival Desa Binaan tersebut antara lain menjadi tim juri, turut melakukan pembinaan desa binaan, serta menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI)

“Contohnya kami mengajari Bumdesa mencatat pengeluaran dan pemasukan,” ujarnya.

Festival Desa Binaan Bank NTT diluncurkan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sejak 21 Maret 2022, bersamaan dengan Festival PAD serta program Ramai Skali tahun 2022.

Baca Juga :  KPP Pratama Atambua Gelar Pekan Pajak Kefamenanu 2021

Kompetisi ini diikuti lima desa terbaik sebagai nominator yang mewakili setiap kabupaten.

Adapun kehadiran Festival Desa Binaan Bank NTT ini sebagai wujud mengimplementasikan misi yaitu sebagai. “Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat” dan “Menggali Sumber Potensi Daerah untuk diusahakan secara Produktif bagi kesejahteraan Masyarakat NTT”.

Penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang dijadwalkan mulai Oktober-November 2022, dan hasilnya akan diumumkan pada 20 Desember 2022. (*/gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *