Ferdi Tanoni: Pencairan Dana Kompensasi Montara Mulai Desember 2023

  • Whatsapp
Ferdi Tanoni (Kiri) mengadakan pertemuan dengan Senator Rachel Siew Beberapa waktu lalu/dok

Kupang – Pencairan dana kompensasi montara bagi 15.456 petani rumput laut di Rote, Semau dan wilayah Kabupaten lainnya mulai ada titik terang.

Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) Ferdi Tanoni menyebutkan saat ini pengacara Maurice Blackburn Lawyers telah berada di Kupang dan sedang menyelesaikan dan menyusun pendistribusian dana kompensasi tersebut.

Sesuai informasi yang ada, dana kompensasi masyarakat sebanyak 15.456 orang ini akan didistribusikan pada bulan Desember 2023,” kata Ferdi di Kupang, Rabu (29/11/2023).

 

Ferdi dengan tegas mengatakan, Maurice Backburn Lawyers dan BRI harus segera distribusikan dana masyarakat ini ditambah dengan bunganya. Alasannya seluruh petani rumput laut menghadapi perayaan hari raya Natal. “Tidak ada alasan bagi Maurice Blackburn menahan dana masyarakat tersebut, ” tegas Ferdi.

Informasi tersebut juga diteruskan ke sejumlah pihak yakni penjabat gubernur NTT, bupati Kupang, bupati Rote Ndao, pihak Maurice Blackburn, Direktur Utama BRI, Kepala Cabang BRI Kupang.

Sebelumnya, Ferdi bereaksi keras kepada Maruice Blackburn karena pencarian dana kompensasi berlarut-larut.

Dana tersebut seharusnya sudah dicairkan sejak 9 Oktober 2023, namun tertunda karena pihak pengacara melakukan verifikasi ulang terhadap nama-nama petani rumput laut penerima dana tersebut.

Seperti diketahui, dana kompensasi Montara sebesar AU$102,025,000 sudah dicairkan oleh kantor pengacara di Australia sejak Mei 2023. Seharusnya dana langsung ditransfer ke rekening petani rumput laut di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao namun tertunda. .

Petani rumput laut penerima dana ini dalah adalah korban pencemaran Laut menyusul meledaknya ladang minyak Montara pada 21 Agustus 2009. Ladang minyak itu dikelola oleh PTTEP Australasia.

Selama bertahun-tahun, Ferdi Tanoni berjuang hingga kasus ini dibawa ke Pengadilan Federal Australia yang dimenangkan oleh petani rumput laut. Dengan kemenangan itu, para petani rumput laut berhak memperoleh ganti rugi. (gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.