Fakta Kontras Korban Seroja Di Babau, Rumah Kokoh Dapat Bantuan Rp25 juta

  • Whatsapp
Ilustrasi Dampak Badai Seroja di Kota Kupang/: foto lintasntt.com

Kupang – Fakta kontras soal bantuan untuk korban Badai Seroja diungkap salah seorang warga Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang,NTT, yang ditemui Kamis (16/5) siang.

Warga ini mengungkap fisik bangunan rumahnya tetap kokoh berdiri dihantam badai Seroja 4 Mei 2021 lalu. Hanya ada beberapa sudut luar rumahnya yang mengalami kerusakan kecil meski begitu sesuai keputusan Pemkab Kupang, ia mendapat bantuan sebesar Rp25 juta.

“Data yang keluar sebenarnya saya dapat Rp50 juta tapi saya minta Rp 25 saja karena kerusakannya kecil,” kata warga ini. Rumah beton tetangganya yang luput dari sapuan badai Seroja juga dapat Rp 50 juta.

Menurut sumber lintasntt.com tersebut, tidak hanya dia dan tetangganya menerima bantuan siklon seroja, tetapi beberapa warga satu kelurahan tersebut juga menerima bantuan, meskipun rumah mereka tidak rusak.

“Ada juga di sebelah sana yang rumah mereka tidak rusak tapi dapat bantuan. Ada yang Rp10 juta, ada yang 25 juta juga,” kata warga ini yang mengaku kenal betul warga setempat yang rumahnya tidak rusak namun mendapat bantuan dana badai Seroja.

Kondisi tersebut berbeda dengan Sem Y. Pello di desa Oebelo kecamatan. Kupang Timur dan Baharudin Nurdin di Desa Kuanheum, Kecamatan Amabi Oefeto.

Rumah Sem Pello nyaris roboh dihantam badai, rumah Baharudin, kata kades Kuanheum nyaris rata tanah, namun mereka tidak mendapat bantuan meski nama mereka sempat didata oleh aparat pemerintah.

Persoalan penyaluran dana Seroja sebesar Rp229 miliar untuk 11.036 korban ini tengah ditelusuri Polda NTT.

Indikasi adanya penyelewengan anggaran tersebut juga ditemukan panitia khusus (pansus) DPRD Kupang dalam ‘membedah’ LKPj kepala daerah 2019-2023 dalam masa sidang bulan kemarin.

Temuan pansus DPRD soal dugaan adanya penyelewengan dana Seroja telah diserahkan DPRD Kupang ke ditrkrimsus Polda NTT Senin pekan ini untuk diproses hukum. (Jmb)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.