Ende Siapkan ‘Long Dance’ Sambut Peserta Tour de Flores

  • Whatsapp
Danau Kelimutu di Ende, Flores

Kupang–Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur mulai bersiap menyambut ratusan peserta balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) yang akan digelar pada Mei 2016.

Selain kesiapan infrastruktur jalan dan hotel, salah satu even yang akan digelar ialah ‘long dance’ atau tarian panjang, merupakan gabungan berbagai tarian yang dibawakan ribuan pelajar.

Read More

Mereka akan menari di dua sisi jalan raya yang dilewati peserta Tour de Flores mulai dari Kecamatan Wolowaru, Detusoko, Kota Ende sampai Nangapanda. Seluruh penari akan mengenakan pakaian adat dan berdiri di sepanjang jalan raya di ibu kota kecamatan.

Baca Juga :  NTT Recana Beli Kapal Pesiar Kapasitas 300 Penumpang

“Mungkin sekolah-sekolah yang siswanya ambil bagian dalam long dance ini bisa libur,” kata Bupati Ende Marselinus Y. W. Petu kepada wartawan di sela-sela Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang, Kamis (14/4).

Dia mengatakan long dance akan dibawakan secara meriah. “Ini menunjukkan bahwa kita punya kekuatan budaya,” ujarnya.

Selain itu seluruh peserta Tour de Flores yang berasal dari 24 negara tersebut akan mengikuti City Tour yang akan digelar Pemerintah Kabupaten Ende. “Kita harapkan peserta balap sepeda sudah mengunjungi Danau Kelimutu sebelum dilepas dari Larantuka. Nanti di Ende, mereka hanya mengikuti city tour,” ujarnya.

Di acara City Tour, menurut Dia, peserta akan dibawa mengunjungi kediaman Bung Karno dan pohon Sukun, tempat Ir Soekarno bersemedi yang kemudian lahirnya Pancasila yang kini menjadi Dasar Negara RI.

Baca Juga :  Rayuan Pantai Tolanamon

Menurutnya, seluruh hotel sudah siap menampung peserta selama satu malam sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Ngada. “Semua kita fasilitasi. Ini kaitannya dengan bagaimana kita menyiapkan wilayah kunjungan sehingga seluruh peserta bisa terakomodir baik,” ujarnya. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *