Ende akan Tanam Bugenvil ‘Merah Putih’ Mengelilingi Gunung Meja

  • Whatsapp
ILUSTRASI Gunung Meja dengan Latar Belakang Kota Ende/Foto: Lintasntt.com/Gamaliel

Kupang–Bupati Ende Marselinus YW Petu akan mempercantik wajah Gunung Meja sehingga menarik lebih banyak wisatawan asing dan domestik berkunjung ke daerah itu.

Ada tiga program yang akan dilakukan untuk mempercantik Gunung Meja yaitu menanam bunga Bugenvil (Bougainvillea) mengelilingi gunung tersebut.

“Badan gunung meja dari tengah ke atas akan ditanam bugenvil warna merah, dan dari tengah ke bawah akan ditanam bogenvil warna putih,” katanya kepada lintasntt.com, kemarin.

Tanaman bunga kertas ini menjadi tanaman hias yang sangat populer. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian, apalagi dilihat dari dalam pesawat.

Program lainnya di gunung meja ialah menempatkan patung Bung Karno berukuran besar di puncak gunung tersebut.

Baca Juga :  Pacuan Kuda jadi Destinasi Wisata Baru di TTU

Seperti diketahui, Bung Karno diasingkan di Ende antara 1934-1938. Selama masa pengasingannya, semangat mengusir penjajah dari bumi Indonesia tidak pernah pudar.

Gunung Meja Dipotret dari Bandara Hasan Aroeboesman Ende/Foto: Lintasntt.com/Gamaliel
Gunung Meja Dipotret dari Bandara Hasan Aroeboesman Ende/Foto: Lintasntt.com/Gamaliel

Bung Karno terus berjuang membangkitkan semangat membebaskan Indonesia dari penjajah lewat 12 sandiwara yang ditulis dan dipentaskan di Ende. Di Ende juga lahir Pancasila yang menjadi Dasar Negara Indonesia.

Karena itu menurut Bupati Marselinus, di puncak Gunung Meja juga akan ditempatkan tulisan “Ende Kota Pancasila’ berukuran besar.

“Masing-masing huruf berukuran enam meter,” ujarnya. Tiga program ini akan dimulai pada tahun 2017.

Ende sebagai wilayah akan yang dilintasi ratusan pebalap Tour de Flores pad Mei 2016, juga mulai mempersiapkan diri terutama penginapan dan lokasi-lokasi wisata, rumah makan, dan atraksi seni budaya. Menurutnya selama tahun 2015, sebanyak 64.000 wisatawan asing dan domestik berkunjung ke Ende. Jumlah wisatawan yang berkunjung ek Ende diperkirakan bertambah tahun ini. (gma)

Baca Juga :  Pantai Wisata Lasiana Mulai Ditata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *