DPR Segera Panggil BMKG Terkait Pencabutan Peringatan Tsunami Palu

  • Whatsapp
Jembatan di Palu Roboh Akibat Gempa dan Tsunami/Foto: dok WA Grup

Kupang–Komisi V DPR segera memanggil Kepala BMKG Dwi Korita Karmawati terkait pencabutan peringatan tsunami pasca gempa Palu, Sulawesi Tengah.

“Dari informasi yang didapatkan Komisi V, ada sela di mana ada pencabutan warning tsunami dan setelah itu terjadi tsunami,” kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis d i sela-sela Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Gantung Kali Nyonya di Kelurahan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (29/9) petang.

Menurutnya, BMKG diminta memberikan penjelasan mengenai mekanisme pencabutan peringatan tsunami tersebut. “Mestinya hal-hal seperti itu tidak terjadi,” katanya.

Penjelasan mengenai pencabutan peringatan tsunami memang sudah disampaikan sejumlah media, namun menurut Fary, pemanggilan Kepala BMKG tetap dilakukan.

Baca Juga :  Jelang Natal, Stok Beras di NTT Aman

Gempa dengan Magnitudo 7,7 mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB yang disertai peringatan tsunami.

Namun BMKG kemudian kembali mencabut peringatan tsunami pada pukul 17.36 WIB. Tsunami menghantam Pantai Talise, Kota Palu dengan ketinggian 1,5 meter yang diakibatkan gempa dengan magnitudo 7,7 tersebut. (gma/mi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *