Dinkes NTT Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Simulasi Vaksinasi Covid-19. Jika ada Nakes yang bergejala berat saat diberi vaksin akan dilarikan dengan ambulans ke rumah sakit WZ Johannes/Foto: lintasntt.com

Kupang – Dinkes NTT menggelar simulasi vaksinasi covid-19 di halaman kantor gubernur Jalan El Tari Kupang, Rabu (13/1/2021).

Simulasi digelar satu hari jelang pelaksanaan vaksinasi untuk pejabat publik dan tenaga kesehatan di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yang dijadwalkan, Kamis (14/1/2021).

Di lokasi simulasi dibangun lima tenda antara lain tenda pemeriksaan suhu dan tekanan darah, skrining, vaksinasi dan tindakan pasca vaksinasi.

Simulasi digelar sebanyak tiga kali untuk warga yang tidak timbul gejala pasca vaksinasi, bergejala ringan dan bergejala berat. Untuk warga yang bergejala berat atau emergency langsung dilarikan ke rumah sakit mengunakan ambulans yang sudah disiapkan di dekat lokasi tersebut.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, ASDP Kupang Tutup Dua Rute Pelayaran

“Besok dari rumah sakit Johannes akan menyiapkan dua ambulans untuk menjaga kemungkinan terjadi reaksi lebih dari satu orang,” Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, dokter Stef Soka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan NTT dokter Messe Ataupah menyebutkan vaksinasi tahap pertama hanya diperuntukan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 20 pejabat publik di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Untuk Kota Kupang sebanyak 3.474 nakes dan 10 pejabat dan Kabupaten Kupang 1.558 nakes dan 10 pejabat, sehingga total nakes yang akan disuntuk vaksin berjumlah 5.032 orang dan 20 pejabat.

Menurut dokter Ataupah, nakes maupun pejanbat yang akan disuntik vaksin masih akan diperiksa lagi kesehatannya. “Jika ada gula darah atau penyakit penyerta lainnya tidak akan mendapatkan vaksin,” ujarnya. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *