Diduga Menghina Lewat Facebook, Wartawan NTT-News Dilaporkan ke Polisi

  • Whatsapp
Ilustrasi

Kupang–Wartawan Media Online ‘NTT-News’ Laurens Milla Dadi alias Rey Milla dilaporkan ke Polda Nusa Tenggara Timur, Selasa (25/4) atas dugaan penghinaan melalui facebook.

Laporan tersebut disampaikan oleh wartawan senior yang juga Pemimpin Redaksi Mingguan Expo NTT Wens John Rumung. Saat melapor, Wens juga membawa print out komentar Rey di laman facebook yang diduga mengandung penghinaan terhadapnya.

Laporan tersebut diterima Bamin III Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SKPT) Polda NTT, Brigadir Vrengqi Talan dengan nomor LP/B/123/IV/2016/SPKT Polda NTT.

Kutipan komentar itu berbunyi Setuju om, jangan seperti Wens tu, munafik padahal sdh berapa organisasi wartawan dia punya tp tdak ada hasil smp skrg. Munafik’. Komentar tersebut sesuai laporan polisi, terjadi pada 22 April 2016.

Baca Juga :  Daniel Adoe Kembali Diperiksa

Wens membenarkan, ia adalah satu-satunya wartawan bernama Wens seperti yang disebutkan dalam komentar tersebut. Ia juga satu-satunya wartawan bernama Wens yang pernah memiliki atau memimpin beberapa organisasi wartawan. “Tidak ada wartawan lain bernama Wens yang memiliki beberapa organisasi wartawan, kecuali Wens John Rumung,” ujarnya.

Polisi menyebutkan penghinaan lewat facebook melanggar pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pasal 27 ayat 3 UU ITE menyebutkan ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Selanjutnya, pada Pasal 45 ayat 1 UU tersebut menyebutkan setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat 1, 2, dan 3 atau ayat 4, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sementara itu Rey yang dihubungi lintasnt.com mengaku siap memberikan keterangan kepada polisi jika ia dipanggil untuk dimintai keterangan mengenai komentar di laman facebook tersebut.

Baca Juga :  Ditahan Usai Tampil di Mata Najwa, Brigpol Rudy Soik: Cek Rekening Anggota Polda NTT

Ia mengaku hanya menyebut Wens, tidak menyebut nama Wens John Rumung. “Dalam komen (di facebook), tidak disebut Wens siapa?,” kata Rey. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *