David Lape Rihi, Tersangka Kedua Kasus Proyek PDAM Kupang Ditahan

  • Whatsapp

Oelamasi – Tim Penyidik Kejari Kabupaten Kupang, NTT telah menetapkan delapan orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana penyertaan modal Pemkab Kupang ke PDAM Tirta Lontar kabupaten Kupang tahun 2015 dan 2016.

Total dana penyertaan modal sebesar Rp6,5 miliar terdiri dari Rp5 miliar pada 2015 dan Rp1,5 miliar pada 2016.

Read More


Dari ke-8 tersangka tersebut, dua orang sudah ditahan yakni Yunias Laiskodat Direktur CV Triparty Enginering, konsultan perencana dan konsultan pengawas yang ditahan Kamis 7 April 2022 dan David Lape Rihi, pelaksana Proyek SPAM di Tarus, Kupang Tengah ditahan Rabu 26 April 2022 siang seusai diperiksa.

Baca Juga :  Proyek Air Minum PDAM Kupang, Orang Lain yang Teken Kontrak, Orang Lain yang Kerja

Kajari Kupang, Ridwan Angsar, SH didampingi Kasie Intel dan PLH.kasie pidsus usai menahan tersangka Lape Rihi mengatakan enam tersangka lain berinisial AA, JO, DP, AN, HS dan CH baru akan diperiksa dan ditahan usai libur lebaran ini.

Kajari Ridwan menambahkan ke-6 tersangka lain tersebut adalah manatan direktur, pelaksana tekhnis dan dari unsur pelaksana proyek.

Ia juga mengatakan ada potensi untuk penambahan tersangka dari unsur eksekutif lainnya maupun legislatif. “Dari eksekutif (selain mantan direktur PDAM) dan legislatif berpotensi (tersangka) nanti pengembangan pemeriksaan seperti apa,”katanya.

Dijelaskan pemeriksaan dalam kasus tersebut mengacu pada delapan kontrak kerja untuk proyek SPAM di Oelamasi, Tarus, Oelitneo, Bolok dan Semau. Delapan kontrak kerja tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Baca Juga :  Kepala Dinas PU Kabupaten Kupang Ditahan

David Lape Rihi ditetapkan tersangka untuk proyek SPAM Tarus dengan nilai kontrak tahun 2015 sebesar Rp2,7 miliar dan tahun 2016 sebesar Rp500 juta.

Hasil pemeriksaan penyidik, Lape Rihi menggunakan CV Anisa Puteri dan Cempaka Indah untuk proyek di dua tahun anggaran tersebut.

Proyek tersebut kata Kajari Ridwan tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sesuai pantauan media ini, David keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 15.00 Wita usai menjalani pemeriksaan sejak pagi.
Saat keluar dari ruang pemeriksaan, David terlihat didampingi isterinya. (Jmb)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *