Cuaca Buruk, Pelayaran ke Pulau Komodo Lumpuh

  • Whatsapp
Panorama Labuan Bajo/Foto: Gamaliel

Labuan Bajo–Jalur pelayaran menuju Pulau Komodo masih ditutup selama sepekan terakhir ini berkaitan dengan cuaca hujan serta gelombang tinggi yang mencapai 4 meter.

Penutupan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) tersebut berdasarkan surat peringatan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Karena kondisi cuaca buruk dan ada peringatan BMKG,sehingga demi keselamatan syahbandar mengeluarkan surat pemberitahuan larangan izin berlayar di kawasan pulau komodo dan sekitarnya,” sebut kepala Syahbandar Simon Baon, Sabtu (11/1).

Di katakan Simon izin berlayar bisa diberikan apabila kondisi cuaca sudah membaik dan dipastikan bisa berlayar menuju ke sejumlah objek wisata khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Baca Juga :  Gempa Sumba Tengah Dibangkitkan Aktivitas Sesar Turun

Semua ini kata Simon, demi menjaga agar tidak terjadinya musibah apa lagi mengantar wisatawan mancanegara maupun domestik. Jika hal ini terjadi maka Citra pariwisata akan tercoreng di mata internasional.

Sementara itu, ketua Asosiasi Kapal Angkutan Wisata (AKAWI) Ahayar Muhamad mengatakan, semua pemilik kapal menyambut baik demi keselamatan pelayaran. Dia meminta semua pemilik jasa angkutan wisata di laut, manahan diri hingga cuaca membaik.

“Memang sih,kondisi cuaca semacam ini membatalkan semua rencana perjalanan wisata.Turis maupun tamu yang berwisata menyambut baik. Siapa yang ingin musibah tentu tidak,” katanya, sembari mengaku mengalami kerugian selama berlangsungnya penutupan itu. (sumber: mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *