Cek Fakta: Prabowo Subianto Pimpin Doa di Gereja

  • Whatsapp
Screenshoot hoax soal Prabowo/dok

Kupang – Beredar sebuah foto Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto berdiri memimpin doa di gereja viral di media sosial.

Postingan yang diunggah oleh akun tiktok @menolak lupa tersebut berisi kumpulan foto yang pada slide pertama memperlihatkan sosok Prabowo Subianto, berada di altar sebuah gereja dengan mengenakan jubah uskup.

Postingan diunggah pada 25 Januari 2024 dengan klaim sebagaimana tertulis pada narasi yaitu “Apa sih sebenarnya agama Prabowo Subianto? Ke Mesjid jarang, tapi berdoa ala Kristen juga karang-kadang. Gimana kita ga bimbang?” Link: https://ghostarchive.org/archive/BR1vG

Postingan tersebut mendapatkan reaksi sebanyak 123,9 ribu like, 25,2 ribu komentar, dan 5854 kali dibagikan.

Berdasarkan hasil yang ditemukan oleh Lintasntt.com, faktanya bahwa foto yang digunakan merupakan hasil suntingan dan telah beredar sejak tahun 2014.

Foto tersebut diunggah salah satunya oleh akun facebook dengan nama Kesain Kalak Karo pada 18 Februari 2014 dengan narasi sebagai berikut: Sebelumnya, foto hasil suntingan tersebut pernah beredar pada 2018 dan 2014 dengan wajah Prabowo, dan wajah Jokowi pada 2014 silam. Link Facebook: https://ghostarchive.org/archive/BR1vG

Kesimpulan: Foto aslinya merupakan momentum ketika Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Anicetus B Sinaga, sedang memberikan khotbah pada peresmian Gereja Katolik Santa Perawan Maria Kabanjahe, Medan, Sumatera Utara pada Minggu, 16 Februari 2014. Postingan pada akun tiktok @menolaklupa tidak benar alias hoax. (tari)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.