Cegah Covid, KMP Garda Maritim 3 Rute Kupang-Rote Rutin Difogging

  • Whatsapp
Usack Benu

Kupang, Manajemen Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 3 rutin melakukan fogging disinfektan terhadap kapal tersebut untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Saat kapal sandar di pelabuhan langsung dilakukan fogging di seluruh ruangan untuk mematikan bakteri,” kata Direktur KMP Garda Maritim 3, Usack Benu kepada wartawan di Kupang, Kamis (19/11).

Read More

Kapal milik PT Multi Guna Maritim itu beroperasi melayari rute Kupang-Pulau Rote pulang pergi sejauh 40 mill sejak 2 Oktober 2020, menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni mewajibkan penumpang memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

Namun untuk pembatasan penumpang belum diberlakukan lantaran keterisian penumpang belum mencapai seratus persen. Saat ini, load factor penumpang kapal tersebut antara 75-80 persen, namun capaian itu menurut Usak, sudah jauh di atas rencana semula yakni di bawah 70 persen.

Tingkat keterisian penumpang sebesar itu didukung oleh pelayanan yang prima serta tetap menjaga kebersihan kapal. Selain itu, waktu tempuh dari Pelabuhan Penyeberangan di Bolok Kupang ke Pelabuhan Pantai Baru di Pulau Rote hanya selama tiga jam dan waktu sandar hanya tujuh menit.

Baca Juga :  Kapal Fery Baru, KMP Garda Maritim 3 Layari Rute Kupang-Rote

Menurutnya, manajemen kapal juga memberikan berbagai kemudahan kepada penumpang seperti mengratiskan ongkos ambulans yang mengangkut jenasah, termasuk keluarga yang ikut mengantar jenasah. Selain itu, penumpang kelas ekonomi juga bisa masuk ke ruang VIP.

“Sesuai komitmen kami dari awal, orang yang mengalam kesusahan, kita kasih free kendaraan dan keluarga. Kemarin ada satu rombongan keluarga kita kasih free,” ujarnya.

Terkait tingkat keterisian penumpang yang sudah mencapai 80 persen, manajemen kapal bakal menyalurkan sekitar seribu paket sembako termasuk makanan bergizi untuk anak-anak sebagai bagian dari CSR perusahaan mulai 27-29 November mendatang.

Kegiatan itu dalam rangka mencegah dan mengentaskan stunting dan gizi buruk di pulau yang terletak di selatan Indonesia tersebut.

“Saat ini kita juga melakukan promo, kepada pengusaha yang telah mengumpulkan tiket sampai 100, saat dia membeli tiket ke 101 akan digratiskan,” tambahnya. Sedangkan untuk sopir truk mendapat kemudahan menikmati kopi gratis di kantin kapal.

Baca Juga :  234 KK di SBD Mulai Nikmati Listrik PLN

Menurut Usack, kapal yang telah beroperasi itu bagian dari tiga kapal yang akan beroperasi di NTT. Satu kapal sedang dalam perjalanan dari Malaysia yang sesuai rencana juga akan melayari rute Kupang-Rote, dan satu kapal lagi akan diluncurkan pada 2021 dijadwalkan melayari rute panjang yakni Kupang-Labuan Bajo.

Untuk rute panjang, manajemen bakal menyedikan lebih banyak tempat tidur atau sekitar 130 tempat tidur dibandingkan tempat duduk. Kapal Garda Maritim 3 berkapasitas 300 penumpang, 150 sepeda motor, 60 mobil kecil melaju dengan kecepatan normal 11 knot per jam.

Kapal modern ini selain dilengkapi kamar penumpang VIP dengan tempat tidur, juga area penumpang indoor ber-AC yang menayangan film box office sepanjang perjalanan, area penumpang outdoor dengan kantin, ruang ibu menyusui, ruang ibadah, ruang klinik kesehatan, dan toilet yang bersih. (mi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *