Buku Harian Nazi Ditemukan, Ungkap 11 Lokasi Persembunyian Hasil Curian

  • Whatsapp
Istana Hochberg abad ke-16 di Desa Roztoka di Polandia barat daya/Photo: Slawomir Milejski

Polandia – Sebuah buku harian yang ditulis 75 tahun lalu oleh seorang perwira Nazi bernama Waffen Schutzstaffel (SS) dengan nama samaran ‘Michaelis’ menguraikan rencana komandan Nazi Heinrich Himmler menyembunyikan kekayaan Eropa yang mereka curi selama Perang Dunia ke-II.

Menurut situs berita Polandia The First News (TFN) seperti dikutip oleh Live Sicience, Sabtu (5/6/2020), buku harian itu berisi peta yang merinci lokasi persembunyian hasil curian. Lebih dari 30 ton (28 metrik ton) emas disembunyikan, artefak dan karya seni yang tak ternilai.

Buku harian itu mencantumkan 11 situs tempat Nazi menyembunyikan emas yang dijarah, permata, lukisan tak ternilai, dan benda-benda keagamaan.

Salah satu lokasi yang disebutnya adalah sumur terlantar yang memanjang hampir 200 kaki (60 meter) di bawah tanah, di bawah Istana Hochberg abad ke-16 di Desa Roztoka di Polandia barat daya.

Baca Juga :  Gadis Cina ini Hampir Buta Gara-gara 18 Jam Nonton Drama Korea

Emas di dasar sumur diperkirakan berasal dari Reichsbank di Kota Breslau di Polandia (sekarang Wroclaw) dan diperkirakan bernilai miliaran euro. Pada 2013, situs ABC New melaporkan, Nazi menjarah sekitar 5 juta karya seni Eropa dari Yahudi, museum dan koleksi pribadi,

Selama ini, buku harian ‘Michaelis’ dirahasiakan, disembunyikan di sebuah pondok Mosonik di Kota Quedlinburg, Jerman.  Pada 2019, pondok tersebut memberikan buku harian ke Jembatan Silesia di Polandi. Selanjutnya pada Maret 2020, pihak yayasan mengumumkan bahwa mereka telah menerima jurnal dari ‘mitra’ Jerman-nya-anggota pondok di Quedlinburg sebagai permintaan maaf untuk rakyat Polandia. (sumber: Live Scince)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *