Buka Puasa Bersama Anggota Dewan Gubernur BI sekaligus Perkuat Literasi Ekonomi Syariah

  • Whatsapp
Foto : BI

Kupang – Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Rabbani 2024 atau Ramadan Berkah Bersama Insan BI 2024 dalam bentuk bentuk Buka bersama Anggota Dewan Gubernur

Momen ini dimanfaatkan untuk literasi ekonomi syariah dengan materi Penggunaan Produk dan Jasa Halal.

Kegiatan berlangsung Selasa, 26 Maret 2024 di MAN Kota Kupang, dihadiri Kepala MAN Kota Kupang, Dhuafa dan Yatim sebanyak 120 orang, Tamu Ketua DMI sebanyak 2 orang), dan Panitia Muhtadin Center sebanyak 10 orang, dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan BI NTT, Didiet Aditya Budi Prabowo.

Pada kesempatan ini Didiet menyampaikan bahwa literasi merupakan pondasi dalam pengembangan ekonomi syariah. Namun, tingkat literasi ekonomi syariah di Indonesia masih cukup rendah dengan peningkatan yang terbatas setiap tahunnya.

Didiet juga menyampaikan pesan dari Wakil Presiden, Prof. Dr. (HC) K.H. Ma’ruf Amin untuk meningkatkan indeks literasi ekonomi syariah yang pada 2023 baru mencapai 23,3%. Diharapkan tahun ini indeks literasi tersebut dapat mencapai 40% secara nasional.

Dalam pengembangan ekonomi syariah di daerah, BI memiliki tiga strategi. Tiga strategi itu penguatan ekosistem produk halal, penguatan keuangan syariah, dan penguatan literasi ekonomi syariah, inklusi, dan halal lifestyle.

Untuk memperkuat materi Penggunaan Produk dan Jasa Halal, selain dilakukan presentasi materi oleh Bank Indonesia, hadirin juga mengisi pre-test dan post-test untuk mengukur sejauh apa pemahaman hadirin terhadap materi yang disampaikan. Acara ditutup dengan buka bersama.(*/gma)

 

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.