BPS NTT Jamin Petugas SP 2020 Aman dari Covid-19

  • Whatsapp
Foto: lintasntt.com

Kupang – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT) Darwis Sitorus menyebutkan seluruh petugas Sensus Penduduk (SP) tatap muka 2020 yang diturunkan mulai Selasa (1/9) bebas dari virus korona (covid-19).

“Petugas sensus sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yaitu masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer. Intinya kita lengkapi mereka dengan proteksi keamanan yang sangat nyaman dengan harapan masyarakat menerima petugas dengan baik,” katanya saat dalam Kick Off SP 2020 di Kupang, Senin (31/8).

Selian itu, petugas sudah menjalani rapid test dengan hasil nonreaktif. Kick Off SP 2020 ditandai dengan penyematan jaket dan tanda pengenal kepada dua orang perwakilan petugas sensus, dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda NTT Semuel Rebo dan Kepala Dinas Infokom NTT Abraham Maulaka.

Menurutnya, kegiatan pencatatan penduduk berlangsung sampai akhir September. Petugas akan berkelillig dari rumah ke rumah didampingi ketua rukun tetangga (RT) untuk mencatat warga. “Kita sepakat tidak satupun petugas yang tidak tercatat,” jelasnya.

Darwis mengatakan dari 53 juta penduduk Indonesia yang melakukan SP Online, satu juta orang di antaranya berasal dari NTT atau 18.19 persen dari total penduduk di daerah itu, atau mencakup 16.06 persen dari 213.000 keluarga.

Selain itu, sebanyak enam dari 22 kabupaten dan kota di NTT tercatat yang capaian sensus penduduk online melebihi dari target yang ditetapkan yakni Timor Tengah Utara, Flores Timur, Rote Ndao, Manggarai Barat, Sumba Tengah, dan Kota Kupang. (mi)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.