BLT dari Dana Desa Mulai Disalurkan di Flores Timur

  • Whatsapp
Ilustrasi Desa di Langkat

Larantuka–BantuanLangsung Tunai (BLT) dari dana desa mulai disalurkan. Desa Kenere, Kecamatan Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur.

Pantauan wartawan pada Kamis (30/4), sebanyak 73 kepala keluarga miskin mulai menerima bantuan BLT yang bersumber dari dana desa.

Read More

Sebelumnya, sebanyak 155 kepala keluarga (KK) miskin yang terdata di desa ini, namun sebagian telah menerima bantuan sedangkan 73 KK tersebut belum menerima bantuan baik dari pusat maupun dari kabupaten.

Kepala Desa Kenere, Mikael Koliwutun Klodor saat dikonfirmasi Kamis (30/4) mengakui dari 155 KK miskin, ada sebanyak 73 KK yang berhak menerima BLT dari dana desa, karena sebagian KK miskin telah menerima bantuan dari pusat berupa Progrma Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca Juga :  Tiga ABK KM Lambelu Positif Virus Korona

Sementara 73 KK tersebut belum menerima bantuan, Sehingga mereka berhak menerima BLT dari dana desa dengan besaran uang Rp600 ribu per KK.

“Hari ini kami sudah menyalurkan BLT dari dana desa. Ada 73 KK yang mendapatkan tahap satu ini. Hari ini BLT dibagi untuk April. Rencanannya nanti untuk 3 bulan, yaitu April, Mei dan Juni. Setap KK menerima Rp600 ribu dan tadi sudah diserahkan langsung di kantor desa,” pungkas Mikael.

Menurut Mikael, dalam melakukan validaasi data dan penyaluran BLT, petugas merujuk pada tiga aturan yaitu pada peratuaran Kementrian Sosial (Kemensos), peraturan Kementrian Desa (Permendes), dan peratuaran Menteri Keuangan (PMK).

“Ini dana desa untuk tahap pertama. Selanjutnya kami juga akan segera membuat laporan pertanggung jawaban keuangan untuk segera disampaikan paling lambat dua minggu bisa selesai, agar dana desa tahap ke-2 pun bisa segera dicairkan,” jelas Mikael. (sumber: media indonesia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *