Beredar Hoax Ile Lewotolok akan Meletus Dahsyat, Jangan Percaya

  • Whatsapp
Gunung Ile Lewotolok

Lembata – Koordinator Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian Senin (22/11/2021), mengimbau masyarakat tidak termakan hoax yang beredar di media sosial tentang aktivitas gunung tersebut.

Pasalnya beberapa hari terakhir, muncul pesan berantai melalui media sosial yang menyebutkan gunung Ile Lewotolok akan meletus dahsyat pada 1-3 Desember 2021. Di dalam pesan berantai yang menamakan sebagai seorang Pendoa, disebutkan, akibat erupsi dahsyat itu, sembilan Kecamatan di Lembata hanya tersisa tiga Kecamatan. Enam kecamatan lainnya lenyap.

Read More

Informasi yang beredar melalui pesan Whatsapp, Facebook maupun video itu, membuat warga Lembata panik. Bahkan, anak-anak yang membaca dan menonton video tersebut sudah merencanakan untuk segera mengungsi sebelum tanggal 1 hingga 3 Desember 2021 nanti.

Baca Juga :  Update Korona NTT 17 Juni: 52 Sembuh, 55 Masih Dirawat

Terkait hal ini, pengamat gunung Berapi Ile Lewotolok membantahnya. Stanislaus mengajak masyarakat  Lembata tidak perlu cemas atau panik.

Stanislaus menegaskan isu Gunung Berapi Ile Lewotolok mengeluarkan erupsi dahsyat hingga menyebabkan tsunami itu hoaks. “Bapak ibu tidak perlu cemas ataupun panik, karena dari kepanikan bisa membawa sial. Carilah info yang akurat dari pihak yang berwenang BMKG, BNPB-BPBD dan PVMBG setempat dimana bapa ibu tinggal,” ujarnya. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *