Bebas PMK, NTT Terus Kirim Ternak ke Jakarta dan Kalimantan

  • Whatsapp
Ilustrasi Peternakan Sapi

Kupang – Pengiriman ternak dari NTT ke luar daerah  terus berlangsung di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang melanda 190 kabupaten dan kota di 18 provinsi di Indonesia.

Kabid Agribisnis, Dinas Peternakan NTT, Edi Djuma mengatakan lima kapal tol laut yang mengangkut ternak dari NTT masih beroperasi.

Read More

Setiap kapal mengangkut sebanyak 550 ternak sapi dengan tujuan berbeda yakni Camara Nusantara 1 dan Camara Nusantara 2 tujuan DKI Jakarta, Camara Nusantara 3 tujuan Banjarmasin, Camara Nusantara 4 tujuan Samarinda, serta Camara Nusantara 6 tujuan Banjarmasin, Samarinda dan DKI Jakarta.

“Jika permintaan tinggi, pengeluaran ternak bisa mengunakan kapal kargo, tetapi saat ini masih tetap mengunakan camara nusantara,” ujarnya di Kupang, Rabu (15/6).

Setiap tahun NTT menetapkan kuota pengeluaran ternak ke luar daerah yang ditetapkan oleh gubernur. Tahun ini, kuota pengeluarkan ternak sebanyak 64.000 ekor dikirim ke tiga daerah tersebut. Ternak yang dikeluarkan tersebut termasuk untuk kebutuhan Idul Adha 2022.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas (Satgas) Pencegahan PMK NTT, Drh Melky Angsar mengatakan seluruh kabupaten dan kota di NTT masih nihil kasus PMK. Adapun gugus tugas pencegahan PMK terus bekerja mencegah masuknya ternak dari luar daerah termasuk daging dan susu.

Menurutnya, satgas beranggotakan karantina pertanian, TNI, Polri, Satpol PP, Bea dan Cukai, Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas (KSOP), berjaga-jaga di pelabuhan untuk mencegah masuknya ternak yang berasal dari daerah terjangkit PMK. (*/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.