Basarnas Kupang Gelar Apel Siaga Sambut Natal dan Tahun Baru 2019

  • Whatsapp
Basarnas Kupang Gelar Apel Siaga Sambut Natal dan Tahun Baru/Foto: Humas Basarnas Kupang

Kupang–Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka pengamanan Hari Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019, Kamis (20/12).

Apel diikuti 61 personel, dipimpin Kepala Kantor Basarnas Kupang Abdul Hamid, SH.

Apel Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru merupakan rutin setiap tahun yang di digelar Basarnas pusat maupun Kantor SAR di seluruh Indonesia.

Apel siaga ini bertujuan untuk kesiapsiagaan personil dan peralatan untuk mengantisipasi jika terjadi musibah atau kecelakaan yang dapat membahayakan jiwa manusia, khususnya menjelang perayaan natal dan tahun baru.

“Apel dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan peralatan yang dikerahkan dalam melaksanakan siaga,” kata Abdul Hamid, SH.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Berikan Bantuan Rp 1 Miliar untuk Warga NTT

Menurutnya, 61 personel yang dikerahkan tersebut, terbagai dalam tiga regu. Mereka melaksanakan siaga dan pemantauan secara bergiliran, dan dilengkapi alut, palsar darat, serta palsar laut di beberapa lokasi seperti Pelabuhan Tenau, Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Bandar Udara El Tari Kupang,

Adapun di di Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu, Sumba Timur disiagakan tujuh orang terbagi menjadi dua regu. Mereka ditempatkan di Pelabuhan Waingapu dan Bandar udara Umbu Mehang Kunda.

Sementara itu, KN SAR 233 Antareja dengan 12 awak, disiagakan di di Dermaga Pelabuhan Tenau Kupang, kemudian, Rescue Boat 308 dengan 9 awak, disiagakan di Pelabuhan Bolok.

Selanjutnya, di Pos Siaga SAR Atambua, Kabupaten Belu berjumlah empat orang di Pelabuhan Atapupu dan Bandar Udara A. A. Bere Tallo. “Selain untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, siaga SAR Hari Raya Natal dan Tahun Baru ini diharapkan berdampak pada terjalinnya koordinasi yang baik antara potensi SAR di seluruh wilayah tanggung jawab Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, dan bagi para anggota rescuer yang akan melaksanakan siaga jaga fisik, performa dan kekompakan dilapangan dengan baik,” katanya. (*/gma)

Baca Juga :  Warga Kupang Diminta Waspadai Penyakit di Musim Hujan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *