Bank NTT dan Stakeholder Fasilitasi Digitalisasi Keuangan Pemerintah Daerah

  • Whatsapp
Dirut Bank NTT Alexander Riwu Kaho/lintasntt.com

Atambua – Bank NTT bersama stakeholder berkolaborasi melahirkan sebuah model digitalisasi sistem pembayaran untuk diterapkan seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur.

Sistem Keuangan Desa secara online (Siskeudes) tersebut sudah diterpakan di Kabupaten Belu yang menjadi satu-satunya kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang pertama menerapkan sistem pembayaran online. .

Kolaborasi ini melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Marketplace Pengadaan (Mbizmarket), serta toko daring yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan dan dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) hingga Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). .

“Kemajuan teknologi, digitalisasi dan regulasi saat ini menuntut Bank NTT melahirkan tata kelola keuangan daerah yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang akuntabel, transparan, efisien, efektif dan murah,” kata Direktur Utama Bank NTT Alexander Riwu Kaho kepada wartawan di sela-sela Kegiatan Sosialisasi Siskeudes yang digelar Bank NTT di Bahagia Ballrom, Atambua, ibu kota Kabupaten Belu, Jumat (23/2/2023) malam.

Adapun transaksi dalam siskeudes ini tidak terbatas pada kebutuhan pemerintahan secara umum, tetapi ada ruang khusus bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah. “Ini adalah salah satu nilai beda dari kerjasama yang kita lakukan,” ujarnya.

Menurut Riwu Kaho, setelah Kabupaten Belu sukses menerapkan tata kelola keuangan daerah secara digital, Bank NTT mendorong para kepala daerah turut menerapkannya di daerah masing-masing.

“Sebagai Bank Pembangunan Daerah, wajib berkontribusi bagi pembangunan daerah, apalagi kemajuan teknologi dan digitalisasi serta regulasi yang menuntut untuk kita mampu melahirkan satu tata kelola yang baik, khususnya tata kelolaan tata kelola pemerintah daerah,” tandas Riwu Kaho.

Kegiatan ini dihadiri 9 bupati, tiga penjabat bupati dan dua sekretaris daerah yakn Bupati Belu Agustinus Taolin, Bupati Ngada Andreas Paru, Bupati Sabu Nikodemus Rihi Heke, Bupati Kupang Korinus Masneno, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Bupati Timor Tengah Utara David Djuandi.

Hadir pula Bupati Sumba Timur Kristofel Praing, Bupati Ende Djafar Achmad, Bupati Malaka Simon Nahak, Bupati Sumba Barat Daya Kornelis Kodi Mete, Penjabat Bupati Alor Sony Libing, Penjaabt Bupati Sikka Adrianus Parera, Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan Seperius Sipa, Sekda Nagekeo Lukas Mere, Sekda Sumba Barat Yermia Ndapa Doda, Asisten III Sekda Kota Kupang Yanuar Dally, camat dan kepala desa dari di Belu.

Selanjutnya Komisaris Independen Bank NTT Semuel Djou, Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT Paulus Stefen Messakh, sejumlah Pimpinan Cabang Bank NTT bersama staf, serta Kepala Sub Divisi Humas dan Publikasi Bank NTT Inggrid Manongga bersama staf. (gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.