Bank NTT Cabang Larantuka Bantu Mesin Peras Santan Kelapa untuk To The Dore

  • Whatsapp
Web

Adonara – Bank NTT Cabang Larantuka, Flores Timur, NTT menyerahkan mesin peras santan kelapa bagi kelompok tani milenial To The Dore, Kamis (19/8/2021).

Pulau Adonara merupakan salah satu daerah penghasil kelapa. Tanaman komoditas kelapa ini berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat terutama di masa pandemi ini. Untuk itu, Bank NTT Cabang Larantuka mengambil langkah dalam mendukung perekonomian masyarakatnya terutama kaum milenial.

Perusahaan memberikan bantuan satu mesin penghasil santan kelapa yang diberikan kepada kelompok tani milenial To The Dore yang berada di Desa Wewit, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur. Bantuan satu unit mesin pemerasan santan kelapa ini langsung diantar oleh pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Christoforus B langkamau kepada Ketua Kelompok Tani milenial To The Dore Rahman Tukan Hanafi.

Usai penyerahan, Pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Christoforus mengatakan, kedatangannya ke Pulau Adonara ini untuk memberikan dukungan bagi kelompok anak muda yang hendak menjalankan usaha minyak goreng. Kelompok ini akan memproses santan menjadi minyak goreng kelapa atau coconut oil.

Dia mengaku kelompok yang didominasi oleh kaum milenial itu memiliki potensi besar. Mereka mau dan berusaha mengelola potensi daerah dengan mengolah kelapa menjadi produk jadi lainnya.

Baca Juga :  Lippo Plaza Kupang Sudah Beroperasi Normal

“Bank NTT Cabang Larantuka sangat peduli dengan anak-anak muda ini yang mau berusaha apalagi di masa pandemi ini. Lewat dana Corporate Social Responsibility (CSR) kita menunjukkan kepedulian dengan menyerahkan satu unit mesin pemerasan,” ujar dia.

Dia pun berharap dengan bantuan itu, mereka dapat meningkatkan lagi produksi, sehingga kedepan mereka bisa berjaya lagi terutama di bidang usaha kelapa.

“Kita harap bantuan yang kita berikan itu mampu meningkatkan produksi untuk menjawab permintaan dari konsumen yang ada di Nusa Tenggara Timur terutama di Kabupaten Flores Timur ini,” papar Christoforus. Sementara itu, Ketua Kelompok Tani milenial To The Dore Rahman Tukan Hanafi mengaku, mesin yang diberikan itu sangat dibutuhkan oleh kelompoknya untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Baca Juga :  Indofood Berniat Memasok Ubi Ungu dari NTT

“Selama ini produk yang kami hasilkan berupa minyak goreng dengan merek Donara. Selain itu juga sabun cuci piring, kecap, sabun cuci dan minyak kelapa murni. Seluruh produk itu berbahan baku kelapa,” jelasnya.

Ia mengaku kelompoknya sudah terbentuk sejak satu tahun lalu. To The Dore (dibaca tode dore), dalam bahasa Lamaholot artinya ikut saja. Kelompok ini, tambah Rahman, sudah menjual produknya ke beberapa hotel di Kabupaten Flores Timur. Selain itu, produk juga sudah dipasarkan ke Jakarta. (MI)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *