Bank NTT Berhasil Tekan NPL ke Level 4,21%

  • Whatsapp
Pelaksana Tugas Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho/Foto: Lintasntt.com

Kupang – Bank NTT mencatatkan penurunan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) dari kisaran 4,34% di April 2020 menjadi 4,21% pada Mei 2020.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPRD NTT, Rabu (10/6).

Read More

Penurunan angka kredit macet itu juga sudah disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan RUPS Luar Biasa 6 Mei 2020. “Bank NTT komit terhadap rekomendasi RUPS Luar Biasa dan telah melakukan upaya-upaya nyata penurunan NPL dengan langkah-langkah penyelesaian NPL yang terukur,” ujarnya.

Baca Juga :  BI NTT Musnahkan Rp2 Triliun Uang Lusuh

Ada enam langkah penyelesaian terkait kredit macet, dan juga sudah disampaikan dalam RUPS Luar Biasa tersebut.

Enam langkah itu ialah sudah melakukan penagihan sebesar Rp25,2 miliar, melaporkan ke Kejati NTT, melaporkan Polres Kupang dan saat ini sudah ada yang berstatus tersangka, gugatan sederhana, somasi, pelelangan agunan, dan penyelesaian sesuai teknis perbankan.

Kendati NPL masih tinggi, namun rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) Bank NTT saat ini masih terjaga dengan baik. Per April 2020. CAR Bank NTT sebesr 20,73%. Bank NTT dengan profil risk composite 3, CAR minimal yang harus dibentuk yakni 11%, berarti masih terdapat 9,73% modal yang dapat mencover risiko yang ada. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *