Bank NTT Bangun Rumah Produksi Tenun Ikat di Malaka

  • Whatsapp
Kunjungan dan Penilaian Desa Binaan Tahap II untuk Cabang Betun, Desa Bianeno yang memiliki Potensi Tenun Ikat dan Hasil Pertanian/Foto: Juri Bank NTT

Malaka – Sekretaris BPD Desa Bianeno, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka, NTT, Gaper Seran bersama anggota kelompok Tenun Ikat desa setempat menyambut tim juri Festival Desa Binaan Bank NTT dan Festival PAD Tahun 2022, Kamis (17/11/2022).

Tim Juri dipimpin Dr James Adam melakukan penilaian kelompok tenun ikat di desa binaan Bank NTT Cabang Betun tersebut.

Read More

Selain sebagai sentra produksi tenun yang berlangsung turun-temurun, produksi kemiri di desa ini juga melimpah. Penduduknya juga beternak sapi dan babi. “Kami berterima kasih kepada Bank NTT Cabang Betun yang mendirikan rumah produksi tenun ikat bagi kelompok penenun di desa ini,” kata Gaper Seran memulai sambutan.

Gaper juga berharap Bank NTT bantu mempromosikan hasil tenun warga agar dikenal secara luas, sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten Malaka, Gaper berhadap dukungan dalam bentuk pelatihan bagi kelompok tani, terutama cara memilih pupuk menanam sayur yang baik.

“Masyarakat Desa Bianeno berharap Pemda Malaka memperbaiki jalan raya di desa ini, agar lalu lintas dan pengangkutan hasil pertanian berjalan lancar,” kata Dia.

Sedangkan, Juri James Adam minta kepala desa dan camat mempromosikan hasil tenun dari desanya ke sekolah, terutama SD, SMP dan SMA di Sasitamean. Promosi lainnya bisa melalui penjualan online atau media sosial.

“Penenun harus meningkatkan kualitas tenunnya, gunakan pewarna alami maupun pewarna tekstil serta memasang harga yang wajar,” pesannya. Selain tu, Bumdes harus diaktifkan agar nantinya bisa mengelola hasil tenun, pertanian peternakan. (*/bankntt/gma)

Komentar ANDA?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.