Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Landa NTT

  • Whatsapp
Ilustrasi Angin Kencang/Foto: Feldavoice

Kupang – Angin kencang dengan kecepatan maksimal 25 knot per jam melanda seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/6).

Angin kencang memicu gelombang tinggi di perairan antara 1,25-3,5 meter, berlangsung sampai 3 Juni 2020 pukul 20.00 Wita.

Read More

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang, Ota Welly Jenni Thalo mengatakan saat ini pola angin di wilayah selatan Indonesia termasuk NTT, dari timur-tenggara dengan kecepatan 3-25 knot per jam.

“Saat ini sudah masuk angin timuran-musim kemarau. Biasanya kalau angin timuran bertiup kencang menyebabkan gelombang tinggi,” katanya.

Baca Juga :  Masuk New Normal, NTT Batasi Jumlah Penumpang 70 Persen

Sedangkan pola angin di Indonesia bagian utara umumnya dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 3-20 knot per jam. Kecepatan angin tertinggi di Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, perairan Kepulauan Kei-Aru dan Laut Arafuru.

Di wilayah, angin gelombang tinggi 2,5-3,5 meter terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian abrat, Samudera Hindia selatan Kupang dan Rote, Laut Sawu, perairan selatan Kupang hingga Rote, dan Samudera Hindia selatan Sumba hingga Sabu.

Sedangkan tinggi 1,25-2,5 meter terjadi di Selat Sumba bagian timur, Selat Ombai, perairan utara Flores, perairan utara Kupang-Rote dan Selat Wetar.

Angin kencang dan gelombang tinggi berisiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan, kapal tongkang, fery, “Mohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” ujarnya. (mi)

Baca Juga :  Cuaca Buruk, ASDP Kupang Tutup Sementara Dua Rute Pelayaran

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *