Ambulans Puskesmas Naikliu Parkir di Kupang, Pasien Gawat Darurat Telantar

  • Whatsapp
Ilustrasi: Ambulans

Kupang—Camat Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, NTT, Ande Naesius mengaku kecewa dengan pimpinan puskesmas di kecamatan tersebut.

Kekesalan Naesius terkait mobil ambulans milik Puskemas Naikliu yang sejak Januari 2018 parkir di salah satu rumah pribadi di Kota Kupang. Ambulans tersebut diduga digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Kondisi tersebut mengakibatkan seorang pasien gawat darurat bernama Norma Obes asal Naikliu, Amfoang Utara tidak dapat dirujuk ke rumah sakit di Kupang.

“Norma mengalami pendarahan sejak dua hari lalu. Puskesmas kemudian merujuk pasien itu ke Rumah Sakit Naibonat Kupang, tetapi sampai saat ini tidak ada ambulans,” ujarnya kepada lintasntt.com.

Menurutnya jika ambulans puskesmas tidak diparkir di Kupang, pasien tersebut sudah tiba di rumah sakit di Kupang.

Baca Juga :  BI NTT akan Layani Penukaran Uang di Car Free Day

Beruntung menurut Dia, pada Rabu (14/2), Norma berhasil dibawa ke Kupang dengan feri dari Pelabuhan Naikliu. Dia didampingi suami, Antonius Un dan seorang bidan puskesmas bernama Kristin.

Kapal yang mengangkut Norma dijadwalkan tiba di Pelabuhan Bolok Kupang pada Rabu malam. Dari Bolok, Norma akan dibawa ke Puskemas Naibonat untuk menjalani perawatan.

“Saya tegaskan mobil ambulans itu bukan mobil jabatan. Saat kami bahas Perda, di situ disebutkan mobil ambulans untuk puskesmas,” ujarnya. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *