Ada Siklon Tokage, Masyarakat Diminta Waspada

  • Whatsapp
Cuaca Buruk/Foto: Gamaliel

Jakarta–Siklon Tropis Tokage di Laut China Selatan sebelah barat Filipina akan memengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan mendatang.

“Beberapa indikasi munculnya potensi hujan deras berdurasi cukup lama disertai kilat serta petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan,” kata Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus S Swarinoto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (26/11).

Read More

Dia merincikan wilayah yang akan berdampak yaitu Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat bagian Barat dan Selatan, Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga :  400 Sapi Hangus Terbakar bersama Kapal di Kupang

Dia menambahkan, kondisi yang sama akan terjadi di Nusa Tenggara Barat bagian barat, Kalimantan Barat bagian barat dan utara, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur bagian utara, Kalimantan Utara, Maluku bagian utara dan tengah, serta Papua bagian utara dan tengah.

Siklon Tropis Tokage juga berdampak meningkatnya ketinggian gelombang laut antara 1,25 meter sampai 2,5 meter di wilayah Laut China Selatan sebelah utara Natuna.

Peningkatan kondisi cuaca itu dikhawatirkan akan menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan serta meningkatkan kewaspadaan,” katanya. (antara/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *