Ada Kendala Layanan BPJS di Kupang, Laporkan ke Nomor Ini

  • Whatsapp
Media Gathering / Lintasntt.com

Kupang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang, NTT, sudah memiliki nomor layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

Pengaduan dapat disampaikan melalui call center 1500400 dan Pandawa Cabang Kupang Nomor WhatsApp 081239666509.

Read More

BPJS juga sudah punya aplikasi ‘Mobile JKN‘ yang bisa diunggah di playstore. Dengan mengunakan aplikasi ini, peserta tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS. Pengaduan bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut dari mana saja, selama handphone peserta terhubung dengan internet.

Terdapat sedikitnya 20 fitur di aplikasi tersebut antara lain informasi dan pengaduan, pembayaran, pendaftaran peserta, premi, konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, ketersediaan tempat tidur, dan program relaksasi tunggakan.

Baca Juga :  Wabah Korona, WNA Asal Thailand Malah Berkunjung ke Malaka

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang Tri Mayudin minta peserta tidak percaya dengan hoax yang beredar di media sosial. Jika menemukan informasi seperti itu, peserta diminta bertanya ke BPJS melalui saluaran yang ada.

“Di medsos katanya BPJS bagi-bagi uang, sebenarnya itu hoax,” katanya saat memberikan sambutan pada pada Media Gathering “Bincang-bincang Seputar JKN-KIS’ 2021 di Kupang, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, BPJS selalu membuka diri untuk menerima pengaduan atau informasi dari peserta. Dia juga menyarankan peserta tidak datang ke kantor, tetapi mengunakan aplikasi Mobile JKN karena pandemi covid-19 belum berakhir. “Kita tidak tahu kapan pandemi covid-19 berakhir,” ujarnya.

Petugas BPJS akan langsung menjawab pengaduan maupun keluhan dari peserta, namun, jika ada pertanyaan yang membutuhkan jawaban BPJS pusat, jawaban kemungkinan tidak disampaikan di hari yang sama.

Baca Juga :  BPJS Kupang Permudah Peserta JKN Berobat saat Mudik Lebaran

Sementara itu, Kabid Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Ni Komang mengatakan dalam kasus kecelakaan lalulintas, BPJS hanya menanggung biaya perawatan peserta yang saat kejadian, sedang melakukan perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya.

Jika kecelakaan lalulintas terjadi karena peserta melakukan perjalanan dari kantor ke tempat lain misalnya, biaya perawatan tidak ditanggung BPJS, tetapi ditanggung asuransi lain. “Kalau ada kecelakaan, statusnya seperti apa, baru siapa yang menjamin,” ujarnya. (gma)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *