89% Pensiunan di NTT Sudah Menggunakan Layanan ‘Dilan’

  • Whatsapp
Suhartono/foto: lintas

 

Kupang-Manager Cabang PT Taspen (Persero) Kupang, NTT Suhartono mengatakan sebanyak 89% atau 35.359 pensiunan di daerah itu sudah mengunakan aplikasi digitalisasi layanan (Dilan) pembayaran pensiun.

Sedangkan 4.478 atau 11% lainnya masih mengunakan sistem konvensional. Sedangkan di tingkat nasional, dari 2,5 juta pensiunan, 10% atau 250 ribu orang di antaranya belum mengunakan aplikasi Dilan.

Dilan diluncurkan sejak Februari 2019 merupakan layanan pembayaran dana pensiun berbasis teknologi informasi yang mampu memberikan data pensiunan yang lebih valid. Untuk mengunakan layanan Dilan, pensiunan harus mendaftar di Kantor Taspen, kemudian mengunduh aplikasi layanan tersebut di playstore mengunakan smartphone.

“Kalau peserta pensiunan sudah didaftarkan lewat foto, sidik jari, dan suara, otentikasinya hanya mengunakan wajah. Kalau wajahnya sudah sesuai atau otentikasisudah berhasil, pensiunan tidak perlu mengantre ke kasir, mereka bisa mencairkan dana pensiun melalui ATM,” kata Suhartono kepada wartawan di Kupang, Kamis (19/12).

Baca Juga :  Hari Ini Tidak Ada Positif Covid-19 di Kota Kupang, 2 Meninggal

Menurutnya survei terhadap tingkat kepuasan mengunakan layanan ini, 99% responden mengatakan puas, sedangkan survei tingkat kepuasan terhadap pelayanan PT Taspen lainnya seperti jaminan hari tua mencapai 98%.

Menurut Suhartono, sesuai kesepakatan PT Taspen bersama mitra bayar yakni bank dan PT Pos dan Giro, pensiunan yang belum mengunakan layanan Dilan, pensiunan tetap diberikan layanan konvensional.

“Kalau belum mengunakan Dilan, bisa tetap mengunakan sistem yang lama, seperti juru bayar wajib datang ke rumah jika pensiunan sakit. Wajib memberikan layanan kunjungan nasabah,” tandasnya.

Pada Kamis (19/20) PT Taspen meluncukran logo baru sebagai tunas yang besar namun tetap membumi dan bersahabat. Logo baru tersebut berupa dua helai daun masing-masing berwarna biru dan kuning, dan berlawanan arah. “Dari logo baru ini, kita berkomitnen bahwa seluruh sumber daya manusia harus siap memberikan layanan yang terbaik,” kata Suhartono. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *