42 Kasus DBD Terjadi di Kota Kupang

  • Whatsapp
ILUSTRASI: Korban DBD Dirawat di Rumah Sakit SK Lerik, Kota Kupang/Foto: Lintasntt.com

Kupang–Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menerima laporan 42 kasus demam berdarah dengue (DBD) sejak awal Januari 2020.

Dari 42 kasus tersebut tidak ada korban jiwa. Seluruh pasien DBD dirawat di rumah sakit dan ada yang sudah dipulangkan karena sembuh.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan kasus DBD yang dilaporkan itu masih di bawah kasus DBD pada Januari 2019 yang mencapai 200 orang.

Mencegah bertambahnya pasien DBD kata Dia, petugas kesehatan telah melakukan pengasapan (fogging) di beberapa titik serta menaburkan bubuk abate. “Jika ada penderita DBD, petugas akan memeriksa tempat tinggal pasien sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk pemberatasan sarang nyamuk,” ujarnya di Kupang, Jumat (17/1).

Baca Juga :  ODP Virus Korona di NTT Bertambah jadi 24 Orang

Rekomendasi yang dikeluarkan seperti fogging, gerakan 3M dan penaburan bubuk abate pada tempat penampungan air. Menurutnya, musim hujan seperti saat ini berpotensi timbulnya berbagai jenis penyakit seperti DBD, diare dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Untuk pencegahan diare pada balita lanjut Sri, telah disiapkan tablet zinc. “Jika diare balita diberikan tablet zinc agar jangan diare lagi,” ujarnya. (mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *