32 Warga NTT Terima Sertifikat Tanah Gratis dari Menteri Agraria

  • Whatsapp
Ilustrasi: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan sertifikat tanah gratis di Kantor Wilayah BPN NTT, Sabtu (30/4/2016). Saat ini Ferry M Baldan sudah diganti dari menteri Agraria dan Tata Ruang. Foto: Gamaliel

Kupang–Sebanyak 32 orang menerima sertifikat tanah gratis yang diserahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan di Kantor Wilayah BPN NTT, Sabtu (30/4/2016).

Penyerahan sertifikat tersebut merupakan pengakuan negara atas tanah yang ditempati dan dikelola warga selama bertahun-tahun.

Sertifikat yang diserahkan tersebut merupakan bagian dari sekitar 14.000 sertifikat tanah yang akan diserahkan kepada warga di seluruh kabupaten dan kota, yang merupakan hasil dari program legalisasi aset di tingkat pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Nomor 9 Tahun 2015, masyarakat yang tinggal dan hidup lebih dari 10 tahun di satu tempat, menjadi dasar untuk mendapat pengakuan sertifikat.

Baca Juga :  Dipaksa Mendarat, 6 Kru Pesawat Asing Masih Diperiksa

Menteri Ferry berharap sertifikat yang diterima masyaraka tersebut akan mendatangkan manfaat bagi ketentraman dan kemakmuran mereka. “Sertifikat tanah ini bisa dijadikan agunan di bank dengan bunga tidak lebih dari sembilan persen,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan.

Menurutnya sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) melakukan subsidi bunga hingga dua persen bagi warga yang mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR). Dengan demikian, bunga yang dibayarkan warga haya tujuh persen.

Ia berharap BPD di NTT maupun Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga melakukan subsidi bunga KUR. “Kalau sudah meminjamkan dan ada keterlambatan pengembalian, bank tidak boleh semerta-merta menjual (agunan) itu, ” katanya. (gma/mi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *