3.001 Desa di NTT Sudah Teraliri Listrik PLN

  • Whatsapp
Foto: Lintasntt.com

Kupang – General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Agustinus Jatmiko menyebutkan sebanyak 3.001 desa di daerah itu telah teraliri listrik.

Desa yang teraliri listrik termasuk 90 desa atau 18.048 keluarga yang teraliri listrik tahun ini. Rasio desa berlistrik pun naik dari 95,29% menjadi 96,75% atau naik sebesar 1,49%.

“Di NTT ada 3.353 desa, desa yang berlistirk 3.001, sisanya 352 desa belum berlistrik,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Minggu (31/8).

Jatmiko mengatakan desa yang masih gelap gulita, akan dilisriki secara bertahap yang didahului dengan pembangunan infrastruktur kelistrikan, yang salah satu tujuannya mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh daerah.

Untuk melistriki 90 desa tahun ini serta menerangi 18.048 keluarga di desa-desa tersebut, PLN mengelontorkan Rp134,9 miliar. PLN UP2K Kupang dan PLN UP2K Flores membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 290,99 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 461,68 kms dan 112 buah gardu dengan total 5.375 kVA.

Baca Juga :  Positif Korona di NTT Bertambah Lagi 1 Orang

Menurutnya, pada perayaan Hari Listrik Nasional ke-76, Jatmiko bersama Wakil Bupati Kupang Jery Manafe melakukan penyalaan listrik perdana secara simbolis di Desa Kalali, Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang

“Dulu Desa Kalali sudah ada listrik swasta tapi belum dari PLN dan pada akhir April 2021 kami melakukan pemasangan jaringan PLN, tolong dapat dimanfaatkan dengan baik dan digunakan untuk hal-hal yang produktif yang bisa mendorong perekonomian,” tuturnya.

Wakil Bupati Kupang Jery Manafe mengatakan listrik di wilayah Amfong yang dulunya hanya menyala 12 jam, saat ini sudah menyala 24 am.

“Dulu masyarakat bilang mau foto kopi harus malam hari, tetapi sekarang sudah bisa kapan saja, kerja cepat dari PLN sungguh luar biasa,” kata Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe. (*/pln)

Baca Juga :  PLN UIW NTT Ikuti Ajang Penghargaan CSR Berwawasan Lingkungan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *