16 Calon Presiden Timor Leste Bersaing di Pemilu

  • Whatsapp
Patung Yesus Kristus di Dili, Timor Leste/Foto: Gama

Dili – Timor Leste menggelar pemilu presiden pada Sabtu, 19 Maret 2022 diikuti oleh 16 calon. Dikutip dari llaman Channel News, di antara calon termasuk mantan pejuang perlawanan dan Presiden petahana Francisco Guterres (Lu Olo) dan Jose Ramos-Horta.

Ribuan warga mengantre lokasi pemunggutan suara dengan mengenakan masker. “Kita harus memilih generasi baru agar kita bisa membangun negara ini,” kata salah satu pemilih, Jorge Mendonca Soares, 42.

Sementara tokoh-tokoh kemerdekaan bangsa masih mendominasi lapangan, untuk pertama kalinya juga ada empat calon perempuan, termasuk wakil perdana menteri Armanda Berta Dos Santos.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini oleh universitas nasional menunjukkan bahwa Ramos-Horta, 72, mantan komandan pasukan pertahanan Lere Anan Timur dan Guterres adalah yang terfavorit.

Baca Juga :  Karolina Yunita, Mitra Binaan PLN yang Tekuni Bisnis Kain Tenun Kupang

Jajak pendapat ditutup pada pukul 3 sore dengan indikator awal siapa yang memimpin pemungutan suara diperkirakan akan muncul pada Sabtu malam.

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan mayoritas langsung, pemungutan suara akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 19 April antara dua kandidat teratas. Mendekati dua puluh tahun sejak kemerdekaan, Timor-Leste telah lama berjuang dengan ketidakstabilan politik.

Setelah pemilihan terakhir pada tahun 2018, Guterres menolak untuk mengambil sumpah beberapa menteri dari Kongres Nasional Rekonstruksi Timor-Leste (CNRT), sebuah partai politik yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Xanana Gusmao. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *