Home / Lingkungan / Zona Inti Komodo Tertutup bagi Publik

Zona Inti Komodo Tertutup bagi Publik

Veranus Komodoensis
Veranus Komodoensis

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang-AKSI pemandu wisata memancing satwa komodo (Veranus Komodoensis) berenang di laut menuai kecaman.

Berdasarkan rekaman video berdurasi satu menit dan 14 detik yang tersebar di media sosial (medsos) memperlihatkan enam ekor komodo diumpan oleh dua orang untuk berenang mengikuti sebuah perahu yang ditumpangi 40 wisatawan asing.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu di Kota Kupang, Senin (9/4) mengatakan lokasi pengambilan video berlangsung di Nusa Kode, wilayah di selatan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat.

“Dalam video yang kami peroleh, salah satu kapal yang mengangkut sejumlah wisatawan asing di TNK sedang melakukan gerakan provokasi terhadap komodo. Kami kecam keras aksi itu karena memancing agresivitas dan mengganggu kenyamanan komodo. Itu tidak boleh,” kata Marius.

Baca Juga :  Kemarau, Debit Sumber Air di Kupang Turun 20%

Menurut Marius, lokasi memancing komodo berenang tersebut berada di zona inti TNK yang merupakan tempat tertutup untuk publik.

Menurutnya, pemandu wisata yang mengantar wisatawan ke lokasi itu sudah dimintai keterangan dan telah membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatan mereka. “Jika melanggar lagi, surat izin sebagi tour guide dicabut,” katanya.

Dia minta seluruh wisatawan dan pemandu wisata mematuhi aturan yang berlaku di taman wisata tersebut. (sumber: media indonesia/palce)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda