Home / Travel / Wisata Pantai Oetune Terkendala Infrastruktur

Wisata Pantai Oetune Terkendala Infrastruktur

Pantai Oetune/Foto: Gamaliel
Pantai Oetune/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kualin–Pantai Oetune memiliki gulungan ombak sebanyak empat kali dalam satu menit.

Lokasi wisata yang terletak di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) ini rutin dikunjungi wisatawan lokal yang membuat lokasi ini mulai dikenal luas.

Salah satu daya tarik pantai Oetune ialah putih halus yang membentang sampai ribuan meter yang membuat wisatawan selalu ingin kembali ke Oetune.

Lokasi ini dikunjungi Ketua Komisi V DPR Fary Francis bersama sejumlah anggata dewan Kabupaten TTS asal Partai Gerindra dan perwakilan dari Balai Wilayah Sungai NTT,

Dalam kunjungan tersebut, Fary menemukan sejumlah persoalan mulai dari infrastruktur, air bersih, penerangan, dan lopo. “Oetune bisa menjadi lokasi wisata alternatif warga, namun pantai indah ini belum dikelola maksimal,” ujarnya.

Baca Juga :  Dinas Pariwisata-RRI Kupang Gelar Promosi Festival Seni NTT

Persoalan mulai dari ruas jalan menuju lokasi wisata masih berupa jalan tanah, tidak ada air bersih dan listrik, dan penataan dan perawatan lopo belum maksimal.

Dalam pertemuan bersama anggota dewan dari TTS dan pihak balai wilayah sungai, Fary minta dilakukan survei air tanah guna mengalirkan air bersih ke lokasi wisata tersebut, termasuk membangun jalan menuju lokasi wisata dan jaringan listrik PLN.

Selain itu Fary juga mendorong pemerintah segera membangun 10 lopo baru. “Pemkab TTS perlu melibatkan pihak swasta dalam pengelolaan lopo-lopo yang ada, menjaga kebersihan serta meningkatkan warga yang berwisata di pantai,” ujarnya (*)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda