Home / Humaniora / Wilson Therik, Putra Rote Raih Doktor Cumlaude dari UKSW Salatiga

Wilson Therik, Putra Rote Raih Doktor Cumlaude dari UKSW Salatiga

Bagikan Halaman ini

Share Button
Wilson Therik/foto: Satutimor.com

Wilson Therik/foto: Satutimor.com

Salatiga—Lintasntt.com: Peneliti pada Institute of Resource Governance and Social Change (IRGSC) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Wilson Therik meraih gelar Doktor setelah mempertahankan disertasinya berjudul ‘Relasi Negara dan Masyarakat di Rote’, Jumat, 15 November 2014.

Wilson, putra Rote ini meraih doktor dengan predikat cumlaude dihadapan penguji dipimpin Rektor UKSW Pdt.Prof.Drs. John A. Titaley, Th.D dengan anggota Prof.Dr. Alo Liliweri, M.S (Penguji Eksternal dari Universitas Nusa Cendana-Kupang), Dr. David Samiyono, MSLS.,MTS; Pdt.Dr. Thobias A. Messakh, Pdt.Prof.Drs. John A. Titaley, Th.D, Dr.Drs. Pamerdi Giri Wiloso, M.Si; Marthen L. Ndoen, S.E.,M.A.,Ph.D, dan Marwata, S.E.,M.Si.,Akt.,Ph.D.

Menurut Wilson, menyatunya masyarakat Rote dengan sistem pemerintahan Nusak (kerajaan) karena keberadaan Nusak dipandang sebagai pelindung nilai-nilai sosial dan kultural yang berkembang dalam masyarakat tersebut, termasuk melindungi sumber daya alam (hutan, mata air, padang pengembalaan untuk hewan) sebagai bagian dari communal property masyarakat Rote.

Baca Juga :  Djarum Foundation Gelar Road to Campus di Undana

Kehadiran negara yang kemudian mengalihkan communal property ke private property menjadi alasan mengapa kekerasan digunakan oleh masyarakat Rote dalam menyampaikan aspirasinya pada negara.

Hal ini bisa dilihat dari peristiwa perlawanan masyarakat Bo’a (Nusak Delha) yang menolak membayar pajak pada pemerintah kolonial pada tahun 1932 dan perlawanan yang sama terulang kembali pada tahun 1960 pada pemerintah orde lama.

Saat ini Wilson juga tercatat sebagai dosen luar biasa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana Kupang, juga seorang fotografer pada perkumpulan Fotografer Kupang (Fokus). Sebelumnya Wilson menyelesaikan disertasinya dibawah bimbingan Promotor Prof.Dr.Ir. Kutut Suwondo (Alm); Dr.Drs. Pamerdi Giri Wiloso, M.Si (Promotor Pengganti) dengan Ko-promotor Marthen L. Ndoen, S.E.,M.A.,Ph.D; dan Marwata, S.E.,M.Si.,Akt.,Ph.D. (Sumber: satutimor.com/gba)

Baca Juga :  Keluarga Sayangkan Gerson Poyk Tidak Diperhatikan Pemerintah

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda