Home / Daerah / Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan NTT

Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan NTT

Gelombang Tinggi/Foto: Gamaliel
Gelombang Tinggi/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang – Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang, menginformasikan tinggi gelombang laut di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) antara 4-6 meter. Sedangkan kecepatan angin maksimal mencapai 30-35 knot per jam.

Gelombang tinggi berlangsung mulai Rabu (20/5) pukul 08.00 Wita hingga Sabtu (21/5) pukul 20.00 Wita.

“Tinggi gelombang 4-6 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Kupang-Rote, perairan Pulau Sumba-Sabu Raijua, Samudera Hindia Selatan Sumba dan Sabu Raijuam dan Samudera Hindia selatan Kupang dan Rote,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang Ota Thalo, Rabu (20/5).

Sedangkan tinggi gelombang antara 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Selat Sumba, Laut Sawu, dan Selat Sape bagian selatan.

Baca Juga :  Daftar PPDB Jalur Offline, NTT Terapkan Physical Distancing

Gelombang tinggi dan angin kencang dipicu Siklon Amphan yang tumbuh di Teluk Benggala di bagian timur laut Lautan Hindia.

Sedangkan di perairan lainnya tinggi gelombang antara 1,25-2,5 meter terjadi di perairan utara Flores, Selat Sape bagian utara, Selat Flores-Lamakera, Selat Alor-Pantar, Selat Ombai, dan perairan utara Kupang-Rote.

Tinggi gelombang tinggi berisiko tehadap perahu nelayan, kapal tongkang, fery dan juga kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda