Home / Bisnis / Wartawan Ekonomi Bali-Nusra Dilatih Membaca Statistik Perekonomian

Wartawan Ekonomi Bali-Nusra Dilatih Membaca Statistik Perekonomian

Kepala Devisi Statistik Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran Departmen Statistik, Nunu Hendrawanto.
Kepala Devisi Statistik Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran Departmen Statistik, Nunu Hendrawanto.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Gili Trawangan–Puluhan wartawan ekonomi dari Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat (Bali-Nusra) mengikuti pelatihan wartawan ekonomi bisnis yang dipusatkan di Hotel Ombak Sunset, Pulau Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari sampai Minggu (6/12), wartawan menerima sejumlah materi yang berkaitan dengan perbankan yang disampaikan pejabat Bank Indonesia.

Di antaranya materi Membaca Cerdas Laporan Statistik Perekonomian yang disampaikan Kepala Devisi Statistik Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran Departmen Statistik, Nunu Hendrawanto.

Ia mengatakan pengambilan keputusan bergantung dari data yang disajikan di statistik seperti inflasi yang sebagian besar disumbang dari daerah. Inflasi dipengaruhi oleh produksi, distribusi, dan mekanisme pembentukan harga.

Baca Juga :  Kupang Jadi Logistic Base Blok Masela

Dengan memahami pesan yang disampaikan oleh statistik, wartawan dapat menyajikannya lewat tulisan di media masing-masing sehjingga dapat dipahami secara utuh oleh masyarakat.

Menurut Nunu, alasan Bank Indonesia belum menurunkan suku bunga dari posisi 7,5 persen juga memiliki alasan tersendiri. Padahal sejumlah indikator ekonomi di dalam negeri mulai membaik. Penurunan BI Rate tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan jika BI rate diturunkan, risiko keluarnya modal asing dari pasar domestik masih tinggi. Jika kondisi seperti ini terjadi, nilai tukar rupiah akan kembali anjlok. Pelatihan wartawan tersebut juga dihadiri Kepala Divisi Komunikasi Online dan Layanan Informasi Publik,  Departemen Komunikasi,Dwi Mukti Wibowo, Kepala BI Perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga, Kepala BI Perwakilan Bali Dewi Setyowati, Kepala BI Perwakilan NTB Prijono, dan Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto .(gma/rr)

Baca Juga :  580 Wartawan Ikut Pelatihan di Bank Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda