Home / Nasional / Warga Unjuk Rasa Desak PT SMR Angkat Kaki dari TTS

Warga Unjuk Rasa Desak PT SMR Angkat Kaki dari TTS

Bagikan Halaman ini

Share Button
Pengunjuk rasa di kantor DPRD Timor Tengah Selatan

Pengunjuk rasa di kantor DPRD Timor Tengah Selatan

SoE–Lintasntt.com: Rohaniawan bersama sekitar 50 orang pemilik lahan tambang mendesak PT SoE Makmur Resources (SMR) menghentikan seluruh aktivitas tambang dan segera meninggalkan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Senin (19/10).

Mereka menilai aktivitas tambang mangan di daerah itu tidak membawa keuntungan. Sebaliknya merusak lingkungan dan sumber-sumber air yang gilirannya menciptakan kesengsaraan.

Puluhan warga tersebut dipimpin Pater Yohanis Kristo Tara, OFM dan Pendeta Yusuf Manu. Mereka bergerak dari Desa Sipil menyinggahi kantor SMR, kemudian bergerak ke kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan di gedung DPRD setempat.

Para pengunjuk rasa dari enam desa yakni Supul, Lakat, dan Desa Tubmonas di Kecamatan Kuatnana. Kemudian Desa Nobi-Nobi, Noebesa dan Desa Tumu di Kecamatan Amanuban Tengah. Mereka membawa poster yang bertuliskan “PT SMR Melanggar HAM’, ‘Hentikan Kriminallisasi Pemilik Lahan’ Segera Bayar Ijin Hutan, dan Jangan Intimidasi Warga.

Baca Juga :  KB Langkah Awal menuju Kesejahteraan Keluarga

“PT SMR pantas angkat kaki dari TTS karenqa tidak menghargai pemilik lahan, melanggar aturan karena menambang lahan milik warga tanpa izin,”kata Pater Yohanis.

Atas tindakan tersebut, Pater Yohanes bertekad melawan PT SMR hingga aktivitas tambang dihentikan. “Kita akan lawan perusahaan yang tidak tahu etika dan seenaknya melakukan penambangan,” ujarnya tanpa menyebutkan perusahaan tersebut SMR atau perusahaan lain.

Sementara itu Pendeta Yusuf Manu yang mewali Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) mengatakan lahan warga diambil oleh perusahaan tersebut untuk menambang. tersebut tidak bisa dibiarkan.” Gereja tidak akan tinggal diam. Gereja akan menyuarakan dan menentang keras dari perusahaan ini.”Katanya.(sumber: mi/gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda